Ciptakan Sarana Rekreasi Berkualitas, Pemdes Batulawang Bangun Kolam Renang di Puncak Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (14/12/2023). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Desa Batulawang, melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Batulawang, terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan sektor pariwisata.

Salah satu inisiatif terbaru adalah pembangunan kolam renang di tempat wisata Puncak Pagerbatu, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Kepala Desa Batulawang, Yosef Erawan, mengatakan, pembangunan kolam renang ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisata di Puncak Pagerbatu. Menciptakan sarana rekreasi yang berkualitas dan memberikan kontribusi positif pada perkembangan ekonomi lokal.

“Tujuan utama dari pembangunan kolam renang ini adalah memberikan fasilitas rekreasi yang menyenangkan bagi masyarakat desa Batulawang dan wisatawan. Selain itu, kolam renang ini juga diharapkan menjadi sarana olahraga yang sehat khususnya bagi anak-anak PAUD/TK dan Sekolah Dasar,” ujarnya kepada pasundannews.com, Kamis (14/12/2023).

Harapan pemerintah desa dan masyarakat setempat terkait pembangunan ini adalah agar Puncak Pagerbatu dapat menjadi destinasi wisata unggulan, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan memberikan dampak positif pada perekonomian desa.

Dana untuk pembangunan kolam renang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023, yang secara khusus difokuskan pada pengembangan sektor pariwisata.

Melibatkan Partisipasi Masyarakat 

Melibatkan partisipasi masyarakat, dana desa digunakan untuk pembuatan sumur bor sebagai sumber air, pembangunan kolam renang ukuran 5 x 16 m dengan kedalaman 50 sentimeter hingga 1 meter, serta pembangunan ruang bilas atau tempat ganti pakaian bagi pengunjung.

Proyek kolam renang ini tidak hanya berawal dari inisiatif pemerintah desa, tetapi juga hasil usulan dari para siswa PAUD dan SD melalui guru mereka. Usulan ini kemudian disampaikan dalam musyawarah tingkat dusun di wilayah Desa Batulawang.

Harapan terbesar dari masyarakat adalah agar pemerintah desa, bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dapat merealisasikan kebutuhan ini dengan baik.

Pembangunan kolam renang diharapkan dapat memberikan hiburan, sarana olahraga, dan rekreasi yang mudah diakses oleh semua warga.

Selain memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, percepatan pembangunan pariwisata di Puncak Pagerbatu diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli desa.

Pengelolaan wisata lokal menggunakan sumber daya manusia di Desa Batulawang, juga diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat setempat.

“Dengan kolaborasi antara pemerintah desa dan masyarakat, harapan untuk mengubah Puncak Pagerbatu menjadi destinasi pariwisata yang berkelanjutan semakin nyata,” pungkasnya. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPetugas Damkar Kota Banjar Berhasil Evakuasi Kucing Yang Terjebak Ke dalam Sumur
Artikulli tjetërSebanyak 59 Orang Lansia dan Disabilitas di Desa Binangun Terima BLT