PASUNDAN NEWS – Guna mencapai swasembada pangan, anggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan mempromosikan Varietas Unggul Baru (VUB) benih padi dengan penggunaan benih bermutu dan bersertifikat ke seluruh petani Cianjur, Rabu 6 Oktober 2021. Salah satunya Varietas mantap bisa tembus di hasil panen 9 ton/hektar.

Pantauan dilapangan kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerjasama antara Komisi IV DPR RI, Balitbang Pertanian-Kementan RI, dan Pemerintah Daerah Kab. Cianjur. Dalam panen padi demplot varietas unggul bersertifikat hadir juga kelompok tani, PPL di wilayah Kecamatan Warungkondang, Kepala desa Sukamulya, Kecamatan Warungkondang, Camat Warungkondang, serta Asda Pemda Kabupaten Cianjur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan penggunaan benih bermutu dalam setiap usaha pertanian, dan memperluas penyebaran varietas unggul baru. Pasalnya varietas ini mempunyai potensi serta meningkatkan penyerapan penggunaan benih bermutu, sesuai daerah lokasi setempat,” ujar Budhy Setiawan.

Pihaknya saat ini sudah menyalurkan bantuan aspirasi padi bibit unggul bersertifikat diantaranya varietas Mantap, Inpari 45, Inpari 42 Agritan GSR, Inpari 43 Agritan GSR, Jeliteng, Tarabas, Baroma, Arumba, Pamera, Pamelen, dan Inpari IR Nutrizinc.

“Alhamdulillah 3 bulan sebelumnya sudah disebarkan dan diterima oleh para kelompok tani di Kecamatan Warungkondang,” paparnya.

Dijelaskannya dari hasil panen padi demplot varietas unggul benih bersertifikat terutama Varietas Mantap bisa tembus di hasil panen 9 ton/ha.

“Selain itu ada Varietas Benih Inpari IR Nutrizinc yang sangat bermanfaat untuk pencegahan persoalan stunting karena kandungan gizinya. Diharapkan ini bisa bermanfaat untuk petani untuk peningkatan kualitas dan kuantitas hasil pertanian,” jelasnya.

Upaya yang dilakukannya ini sebuah solusi ditengah persoalan semakin berkurangnya lahan pertanian dari tahun ke tahun, dan ini sebagai konsekuensi dari semakin bertambahnya jumlah penduduk.

“Penggunaan teknologi menjadi salah satu alternatif solusi peningkatan produktifitas hasil panen pertanian, dan tujuan kedepannya sangat jelas untuk memenuhi swasembada beras di Kabupaten Cianjur,” ujar Budhy.

Menurutnya hal ini memang pekerjaan yang tidak mudah, tapi bila dikerjakan dengan bersinergi antara petani dan pemangku kebijakan pasti ini. Hasilnya ternyata berkat team work tidak sampai setahun semua bisa dikerjakan.

“Sekarang kita harus berpikir out of the box jangan yang biasa biasa saja jadi harus bisa membuat ciptaan-ciptaan baru untuk kebaikan kita semua. Terlebih lagi ada anak muda yang semangat meneruskan tongkat estafet dalam bidang pertanian untuk ketahanan pangan di wilayah tersebut,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Sukatani Komar menjelaskan dengan adanya kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat ini petani disekitar bisa melihat secara langsung jenis padi yang cocok untuk dikembangkan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai informasi, inovasi dan teknologi pertanian. Terutama kami selaku petani bisa memilih varietas mana sesuai dengan jenis lahan,” ungkapnya

Dirinya mengakui selama ini petani menanam jenis padi tidak sesuai dengan varietas dan lokasi setempat. Diharapkan melalui kegiatan ini dengan sebagai sarana penting dalam upaya meningkatkan produksi pertanian.

“Kaami sangat berterimakasih atas program bantuan aspirasi dari Pak Budhy Setiawan yang memberikan bantuan ini dan memperkenalkan varietas padi ini kepada kami selaku para petani,” tuturnya.

Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Cianjur Budhi Rahayu Toyib, S.Sos., MM Berterimakasih dan mengapresiasi kegiatan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat yang dilaksanakan oleh kelompok tani di wilayah desa Sukamulya Kecamatan Warungkondang.

“Saya berterimakasih. mendukung penuh serta mengapresiasi kegiatan Demplot Varietas Unggul Bersertifikat dari program bantuan aspirasi Anggota Komisi IV DPR RI Ir. Budhy Setiawan, M.Si. Mudah-mudahan kedepannya dilaksanakan secara terus menerus dan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur,” terangnya.

Pihaknya mengatakan dengan adanya kegiatan ini para petani yang ada di Kecamatan Warungkondang dapat mengetahui berbagai Varietas Padi dengan produksi tinggi. “Diharapkan produksi padi sawah di Kabupaten Cianjur dapat mencapai swasembada beras,” pungkasnya.

(Farhan)

Artikulli paraprakKetum Himat: Pemerintah Keras Meminta Hak Negara, Lalai Mengutamakan Hak Rakyat
Artikulli tjetërOptimalkan Program ‘Jaga Desa’, Kejari Ciamis Gandeng APDESI Berikan Penerangan Hukum