Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya harapkan pengembangan potensi wisata Kecamatan Panjalu bisa go internasional.

Hal tersebut Herdiat sampaikan saat menghadiri acara adat Nyangku yang berlangsung di Lapang Borosngora Panjalu, pada Senin (9/10/2023).

Diketahui, wisata Panjalu Ciamis sendiri dibuka sejak era presiden Gusdur pada tahun 1995 silam.

Dalam hal ini, Herdiat pun berharap potensi wisata Panjalu dapat lebih menarik kunjungan wisatawan baik nasional maupun internasional.

Adat nyangku merupakan upacara prosesi membersihkan benda pusaka peninggalan Raja Panjalu,

Raja tersebut adalah Prabu Sanghyang Borosngora yang laksanakan setahun sekali setiap Bulan Maulid atau Robi’ul Awal.

“Saat ini potensi wisata panjalu harapkan dapat lebih menarik wisatawan tingkat nasional maupun internasional,” harapnya.

Tradisi Nyangku yang merupakan warisan leluhur itu pun ucap Herdiat bisa menjadi daya tarik para wisatawan.

“Ciamis memiliki adat budaya yang luar biasa, terdapat ribuan situs yang merupakan warisan para leluhur dan salah satunya adalah adat tradisi nyangku,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan, berbagai potensi tersebut dapat mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya Kecamatan Panjalu.

“Tentu potensi-potensi yang ada ini harus dimanfaatkan, sehingga menjadi penghidupan bagi masyarakat,” katanya.

Pelaksanaan adat nyangku yaitu prosesi ‘ngarumat’ benda benda pusaka yang selama ini disimpan di museum tempat peninggalan kerajaan Panjalu yang juga disebut Bumi Alit.

Benda-benda pusaka itu diarak menuju alun-alun Panjalu oleh keluarga Kerajaan Panjalu untuk dicuci dengan air kembang diberi wangi-wangian dengan disaksikan masyarakat secara langsung. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBupati Ciamis Sebut Pondok Pesantren Memiliki Peran Vital dalam Membentuk Generasi Qur’ani
Artikulli tjetërGanjar Pranowo Silaturahmi Kebangsaan ke Pondok Pesantren di Ciamis