Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya memberikan apresiasi kepada 45 desa berstatus mandiri, Rabu (24/11/2021) di Aula Setda Ciamis.

Apresiasi yang Herdiat berikan ini sebagai motivasi agar desa-desa di Ciamis terus berinovasi dalam menuju pembangunan lebih baik.

Herdiat mengungkapkan, pada tahun 2020 ada 19 desa mandiri, kemudian tahun 2021 ini bertambah 26 jadi total ada 45 desa.

“Alhamdulillah di Ciamis tidak ada desa sangat tertinggal atau pun desa tertinggal. 120 desa maju dan 93 desa berkembang,” kata Herdiat

Kata Herdiat, 45 desa yang mendapat status mandiri ini dinilai telah memiliki berbagai fasilitas dasar untuk masyarakat.

“Seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, transportasi, infrastruktur dan lainnya,” tuturnya.

Menurut Herdiat, untuk menjadi status desa mandiri tidaklah mudah, butuh kerja keras dari dari semua pihak, terutama pemerintah desa.

“Setiap desa tentu harus punya keinginan untuk meningkatkan peringkatnya. Sebagai bukti, ini tolak ukur keberhasilan dalam melaksanakan tugas pemerintahannya,” kata Herdiat.

Ia pun berharap pemerintah desa (Pemdes) yang berstatus mandiri ini lebih kreatif dan inovatif dalam program pembangunan desa.

Salah satu upaya yang Pemdes harus lakukan yaitu dengan meningkatkannya segala aspek pelayanan kepada masyarakat.

Herdiat mengatakan, di Ciamis tidak ada desa berstatus desa sangat tertinggal maupun tertinggal.

Untuk desa berkembang dan maju tentunya secara bertahap bisa segera menjadi desa mandiri.

“Bagi desa yang sudah berstatus desa mandiri pun harus terus pertahankan jangan sampai turun status,” tuturnya.

Herdiat menargetkan, dari 258 desa yang ada di Kabupaten Ciamis 50 persennya masuk sebagai desa mandiri. “Minimal setengahnya desa di Ciamis adalah desa mandiri,” ujar Herdiat.

Artikel sebelumyaSejalan Dengan Ideologi dan Konstitusi, Tata Kelola Negara Harus Protektif dan Transformatif
Artikel berikutnyaDPRKPLH Ciamis Raih Penghargaan Raksa Prasada Tingkat Jawa Barat Tahun 2021