BPSDMP Kominfo Bandung dan Dinas KUKMP Kota Banjar Gelar Pelatihan Pemasaran Digital untuk UMKM di Kota Banjar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – BPSDMP (Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian) Kominfo Bandung bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Kota Banjar menggelar pelatihan pemasaran digital.

Acara ini berlangsung di kampus SMP N 5 Banjar, Kota Banjar, selama dua hari pada tanggal 25-26 Juni 2024.

Pelatihan ini diikuti oleh 100 peserta dari pelaku UMKM Kota Banjar. Peserta dibagi menjadi empat kelas dengan masing-masing kelas diisi oleh 25 orang.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mendorong peningkatan keterampilan digital dari tingkat dasar hingga menengah bagi calon pelaku dan pelaku UMKM.

“Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dan kompetensi yang diperlukan bagi pelaku UMKM dalam pemasaran digital,” ujar Tiari, Ketua Tim Digital Enterpreneurship Academy BPSDMP Bandung kepada pasundannews.com, Rabu (26/6/2024).

Setelah pelatihan berakhir, para pelaku UMKM masih mendapatkan pendampingan oleh trainer selama 7 hingga 14 hari.

Pendampingan ini bertujuan untuk membantu peserta mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama pelatihan.

“Kami siap membantu para peserta menjawab pertanyaan dan memberikan bimbingan di luar agenda kegiatan,” tambah Tiari.

Pengembangan Usaha Melalui Digitalisasi 

Sementara itu, Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar, Sri Sobariah juga menyampaikan harapannya terhadap pelatihan ini.

“Dengan adanya pelatihan ini, kami berharap para pelaku UMKM di Kota Banjar dapat memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan pemasaran produk mereka,” ujarnya.

Selama dua hari pelatihan, para peserta mendapatkan materi yang mencakup berbagai aspek pemasaran digital, mulai dari penggunaan media sosial hingga strategi pemasaran online.

Para pelatih/pembimbing yang berpengalaman juga memberikan tips dan trik praktis yang dapat langsung diterapkan oleh para peserta.

Antusiasme peserta terlihat dari keaktifan mereka dalam mengikuti setiap sesi pelatihan.

Banyak peserta yang menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan relevan dengan kebutuhan mereka dalam mengembangkan usaha.

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik bagi para pelaku UMKM di Kota Banjar untuk lebih memahami dan memanfaatkan pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan dan daya saing produk mereka di pasar yang lebih luas.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakRatusan Masa AMPP Minta Kejari Purwakarta Usut Tuntas Dugaan Kasus Gratifikasi Eks Bupati Anne
Artikulli tjetërKader PDI Perjuangan Diminta Solid Menangkan Pilkada 2024