PAUD Mentari Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Sindangrasa melakukan kunjungan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Ciamis menerima kunjungan dari PAUD Mentari Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Sindangrasa.

Kunjungan yang berlangsung pada Kamis (25/4/2024) tersebut dalam rangka pengenalan berbagai macam bencana alam serta cara mengatasinya.

Nampak antusias puluhan anak-anak PAUD Mentari saat disambut hangat oleh anggota BPBD Ciamis.

Anak-anak pun diajak berkeliling memperkenalkan sekitar  lingkungan Kantor BPBD Ciamis.

Orang tua dan guru pun ikut mendampingi melihat-lihat peralatan, armada dan perangkat kebencanaan lainnya.

Kemudian juga diperkenalkan jenis-jenis bencana alam serta simulasi.

Menurut Yayan selaku Bagian Pranata Pencarian dan Pertolongan BPBD Ciamis mengatakan, dalam kesempatan ini pihaknya mengedukasi para guru, orang tua serta anak-anak PAUD Mentari.

“Ada tiga materi yang kami berikan dalam kegiatan edukasi ini untuk anak-anak, guru dan orang tua. Karena mereka ini merupakan kelompok rentan, sehingga harus sering dilatih,” katanya.

Adapun materi yang diberikan kepada anak-anak tersebut yakni simulasi gempa, kebakaran, angin kencang dan bencana lainnya.

Setelah diberi materi, tambahnya, ada simulasi di titik kumpul. Setelah itu, anak-anak juga diberi pengetahuan apa itu BPBD secara singkat dan jelas.

“Lalu kami juga mengajak anak-anak untuk meninjau gudang dan logistik. Kemudian memperkenalkan peralatan-peralatan besar dalam penanganan bencana oleh BPBD Ciamis, serta kita juga perkenalkan menggunakan perahu dan lainnya,” paparnya.

Edukasi Siaga Bencana Sejak Dini

Edukasi siaga bencana sejak dini menjadi salah satu tujuan dari kunjungan PAUD Mentari ke kantor BPBD Ciamis.

Hal itu disampaikan salah seorang Guru PAUD Mentari, Sari.

“Tujuannya untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang berbagai macam bencana alam yang terjadi, lalu bagaimana cara mengatasi kalau ada bencana alam,” katanya.

Sebelumnya, kata Sari, PAUD Mentari juga sudah melakukan kunjungan ke beberapa tempat. Seperti Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) dan juga Kantor Polisi.

“Sudah ke Damkar Ciamis dan Polres Ciamis serta tempat lainnya, yang kita kunjungi itu sesuai dengan tema yang sedang kita bahas. Untuk sekarang tema yang kita bahas yaitu gejala alam,” tuturnya.

Dengan adanya kunjungan ke BPBD Ciamis ini, ia berharap kepada anak-anak ke depannya jika terjadi bencana alam seperti gempa semoga anak-anak tidak akan panik lagi.

Kegiatan ini diikuti oleh dua kelas yakni kelas A dan B, untuk kelas A usia 2 sampai 4 tahun dan kelas B usia 4 sampai 6 tahun.

“Kalau jumlahnya ada 22 orang, karena mungkin sebagian ada halangan dan sakit jadi yang hadir hanya 16 orang,” pungkasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPasien di RS Permata Bunda Ciamis Keluhkan Pelayanan Oknum Satpam yang Bersikap Tak Profesional
Artikulli tjetërTanah Longsor di Cikoneng Ciamis, Akses Jalan Tertutup Hingga Rumah Warga Ambruk