Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D Putra. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatih Pencak Silat se-Kabupaten Ciamis resmi dibuka oleh Wakil Bupati Ciamis H. Yana D Putra pada Kamis (22/2/2024), di Aula Hotel Larissa Ciamis.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan salah satu fokus utamanya yaitu penyesuaian aturan-aturan baru yang diperlukan pemahaman mendalam oleh para pelatih.

Dalam sambutannya, Wabup Ciamis menyampaikan bahwa standarisasi metodologi pelatihan menjadi hal yang krusial dalam pengembangan olahraga pencak silat di Kabupaten Ciamis.

Wabup yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Pengcab Pencak Silat Ciamis menekankan pentingnya kegiatan tersebut.

Tentunya sebagai salah satu langkah untuk memperbaiki berbagai aspek terkait pencak silat terutama dalam meningkatkan standarisasi kepelatihan.

“Saat ini bukanlah soal menghilangkan keberagaman aliran, tetapi lebih kepada peningkatan kualitas pelatihan melalui standarisasi metodologi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa peran pelatih dalam membentuk dasar bagi atlet pemula sangatlah vital.

Oleh karena itu, keberadaan pelatih yang memiliki prestasi dalam dunia pencak silat diharapkan dapat memberikan dasar-dasar yang kuat bagi generasi muda yang ingin menekuni olahraga ini.

“Para pelatih senior memiliki peran penting dalam membimbing generasi penerus. Dengan turunnya mereka untuk melatih anak-anak yang baru belajar, diharapkan akan membentuk atlet yang berkualitas di masa depan,” tambahnya.

Selain itu, Yana menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi pemicu lahirnya atlet berprestasi di tingkat lokal, regional, maupun nasional.

“Dengan adanya upaya peningkatan kualitas pelatihan, diharapkan Kabupaten Ciamis dapat menghasilkan atlet-atlet yang mampu bersaing di kancah olahraga nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Persiapan Menghadapi berbagai Event 

Pada kesempatan yang sama,Kepala Dinas Pemuda, Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan menekankan pentingnya kegiatan Bimtek sebagai bagian dari persiapan dalam menghadapi berbagai event olahraga.

Serta merta sebagai upaya untuk mengangkat prestasi cabang olahraga pencak silat di Kabupaten Ciamis.

“Para peserta dapat menanamkan semangat yang sama dalam mencapai prestasi di cabang pencak silat. Ciamis telah dikenal namun perlu peningkatan prestasi yang sejalan dengan kekayaan budayanya,” ujarnya.

Erwan meyakini bahwa peningkatan intensitas latihan akan membantu memperkuat mental juara para atlet.

“Dengan meningkatnya intensitas latihan, kami berharap para atlet dapat mengatasi berbagai hambatan yang ada dan terus mengasah kemampuan mereka,” tambahnya.

Melalui kegiatan ini, para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan teknik baru yang akan membantu mereka dalam meningkatkan kualitas dan prestasi dalam dunia pencak silat.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBawaslu Kota Banjar Terima Laporan Politik Uang Terhadap Caleg DPRD, Pelapor Absen pada Panggilan Kedua
Artikulli tjetërKomsii II: Sektor Perkebunan Bisa Atasi Kemiskinan di Provinsi Jawa Barat