TNI Diberangkatkan ke Palestina
Tangkapan Layar

PASUNDANNEWS – Tersebar suatu video dengan narasi kalau beberapa personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) di berangkatkan ke Palestina. Video ini tersebar di media sosial.

Merupakan akun facebook Fadlia J Hatibie yang ikut mengunggah video dengan narasi tersebut, 15 Mei 2021. Berikut narasi sepenuhnya:

“Ya Allah selamat kan lah para Tentara Nasional Indonesia (TNI) yg di berangkat kan ke Palestina????, mudah- mudahan para prajurit Tentara Nasional Indonesia(TNI) kembali dengan selamat Aamiin Ya Robbal Aallamiin.”

Dalam unggahan tersebut ramai di respons warganet. Terdiri dari 4 ribu emotikon, 557 pendapat serta 2. 300 kali di bagikan.

Dari Pengecekan data, klaim kalau video itu memperlihatkan beberapa personel Tentara Nasional Indonesia(TNI) di berangkatkan ke Palestina, merupakan salah.

Kenyataannya, video itu tidak terpaut dengan misi pembebasan Palestina dari Israel. Video itu sesungguhnya memperlihatkan atmosfer kehadiran beberapa personel Satgas Tentara Nasional Indonesia(TNI) dari luar negara.

Kemudian aksi sujud syukur itu di coba selaku wujud rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Mahaesa atas karunia yang di berikan sepanjang bertugas melaksanakan misi perdamaian.

Cek Fakta Sebenarnya

Perihal itu nampak dari beberapa gambar yang di unggah akun formal Puspen Tentara Nasional Indonesia (TNI) di media sosial. Di antara lain pada 20 Januari 2021.

“Sebanyak 186 personel Satuan Tugas Tentara Nasional Indonesia(TNI) Konga United Nations Interim Force in Lebanon( UNIFIL) Chalk 3, tahun 2019 di dasar pimpinan Kolonel Inf Leonardo Sebastian datang di Tanah Air seusai melakukan tugas misi perdamaian di Lebanon, bertempat di Lapangan terbang Internasional Soekarno- Hatta, Cengkareng, Tangerang, Rabu( 20/ 1/ 2021),” tulis Puspen Tentara Nasional Indonesia(TNI) dakam akun instagramnya.

Setelah itu pada 27 Januari 2021. Sebanyak 187 Satuan Tugas Tentara Nasional Indonesia Kontingen Garuda (Konga) United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) Chalk 4 datang di Lapangan terbang Soekarno Hatta, Tangerang.

Selanjutnya ada 4 prajurit MPU, 1 prajurit MCO, 1 prajurit CIMIC, 115 prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan darat(AD), 55 Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan laut (AL), 17 prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan udara (AU), tercantum di dalamnya 4 prajurit Perempuan Tentara Nasional Indonesia(TNI).

Kesimpulan

Klaim kalau video itu memperlihatkan beberapa personel Tentara Nasional Indonesia di berangkatkan ke Palestina, merupakan salah. Kenyataannya, video itu tidak terpaut dengan misi pembebasan Palestina dari Israel

Data tersebut masuk dalam hoaks tipe false context (konteks galat). False context merupakan suatu konten yang di sajikan dengan narasi serta konteks yang salah. Umumnya, false context muat statment, gambar, ataupun video kejadian yang sempat terjalin pada sesuatu tempat, tetapi secara konteks yang di tulis tidak cocok dengan kenyataan yang terdapat.

(Jo)

Artikel telah yang juga di medcom.id “[Cek Fakta] Video TNI Diberangkatkan ke Palestina? Ini Faktanya

Artikulli paraprakPeringatan Hari Buku Nasional 2021, Berikut Ucapan dan Sejarahnya
Artikulli tjetërBerikut Harga Vaksin Gotong Royong Belum Termasuk Pajak