Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Ist

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kwarcab Pramuka Ciamis menggelar kegiatan GNP (Gerak Napak Pancer) Lintas Kota 2023, Sabtu (26/8/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang Profesional dan Proporsional Pramuka Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya berkesempatan menjadi inspektor upacara pelepasan peserta GNP di Halaman Sekretariat Kwarcab Kabupaten Ciamis

Acara tersebut merupakan yang pertama Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Ciamis selenggarakan.

Kegiatan GNP Lintas Kota 2023 ini laksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 dengan tema ‘SDM yang Profesional dan Proporsional’.

Tema tersebut membawa semangat membangun citra positif gerakan pramuka dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia.

Disertai kelengkapan keahlian, tanggung jawab, kejujuran, berkeadilan, kepatutan, kesederhanaan, kesanggupan berkorban, kesetiakawanan sosial, dan peduli terhadap lingkungannya.

Pada kesempatan itu, Bupati Herdiat berpesan agar acara perlombaan tersebut bisa manfaatkan dengan sebaik – baiknya .

“Selain untuk mengukur skill bapak ibu, manfaatkan juga sebagai ajang silaturahmi antar anggota Gerakan berada wilayah Kwarcab Ciamis,” terangnya.

Ia juga mengajak agar gerakan pramuka harus tetap berkembang dan para anggotanya harus mampu menjawab semua tantangan zaman.

“Jiwa saling menolong antar sesama merupakan suatu keharusan bagi anggota gerakan pramuka,” imbuh Herdiat.

Kemudian sebelum melepas para peserta lomba Bupati Herdiat juga berpesan agar saling menjaga antara satu sama lain.

“Jaga keselamatan, mudah-mudahan acara ini berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan yang kita harapkan bersama,” pungkasnya.

Keterwakilan Peserta GNP LK 2023 dari Setiap Kwarran 

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Ciamis H. Nanang Permana menyampaikan bahwa peserta GNP LK 2023 merupakan Anggota Gerakan pramuka Usia Dewasa.

“Para peserta ini merupakan perwakilan dari 26 Kecamatan atau kwartir ranting, terdiri dari 1 Regu Putra dan 1 Regu Putri dari setiap Kwarran,” tambahnya.

Sementara untuk perlombaan yang digelar pada acara tersebut berbentuk Haiking Rally yang di dalamnya ada pos yang menguji setiap peserta berupa pertanyaan tentang Kepramukaan, PBB Tongkat dan lainnya.

Kemudian untuk waktu pelaksanaan lebih lanjut Ketua Nanang Melaporkan akan dilaksanakan dalam 1 hari.

“Acara ini diselenggarakan pada 26 Agustus 2023, dan bertempat di Sekretariat Kwarcab Ciamis dan sekitanya,”tandasnya.

Setelah selesai Upacara Pembukaan Bupati Herdiat bersama Ketua Kwarcab Bersama melepas Peserta Haiking Rally. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakTinjau Kebakaran TPA Sarimukti, Hengki Bergegas Cari Solusi
Artikulli tjetërPelantikan Pengurus PPNI Ciamis, Ini Pesan Wabup Yana