Beranda Umum BBPP Lembang Dorong Petani Kuasai Teknologi

BBPP Lembang Dorong Petani Kuasai Teknologi

BERBAGI

PASUNDANNEWS.COM, LEMBANG-Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang terus meningkatkan pelatihan sistem informasi dan teknologi bagi petani, hal itu dilakukan seiring memasuki era digital.

Kepala BBPP Lembang Kemal Mahfud, mengungkapkan memasuki era digital, para petani dan penyuluh harus menguasai sistem IT untuk pertanian.

RANCANGAN APBD KABUPATEN CIAMIS TA 2021

Oleh karena itu, kementrian pertanian terus melakukan pelatihan bukan hanya sektor budidaya pertanian namun menggenjot para penyuluh pertanian dan para petani untuk menguasai sistem IT.

“Kedepan namanya digital tidak bisa dihindari, sekarang disayaratkan oleh kementrian khusnya badan ESDM materi pelatihan harus disisipkan materi informasi teknologi sehingga kedepan penyuluh dan petani harus tau teknologi,” katanya.

Menurutnya, dengan menguasai IT akan memudahkan para petani dalam mengakses informasi dan dapat memasarkan hasil pertanian melalui sistem jaringan informasi. Lebih dari itu, di era digital menurutnya petani bukan hanya dapat memasarkan di tingkat lokal akan tetapi dapat memasarkan hasil pertanian ditingkat Internasional.

“Dengan teknologi bisa memasarkan diseluruh dunia. Petani tidak mesti menjual melalui toko tapi bisa meggunakan teknologi. Setiap pelatihan kami perkenalkan kurikulum IT, melalui digital marketing sudah banyak juga petani yang berhasil,” katanya. (tio/tiara)

BERBAGI