Bawaslu Kabupaten Pangandaran menggelar Evaluasi Pencegahan dan Pengawasan Pemilu menjelang Pilkada Serentak 2024. Foto/Deni Rudini. PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- Bawaslu Kabupaten Pangandaran menggelar rapat evaluasi pencegahan dan pengawasan Pemilu 2024, Jumat (07/06/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Aula salah satu Hotel di Pangandaran ini juga sebagai bagian dari persiapan pengawasan menjelang pilkada serentak 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan,  menjelaskan, evaluasi dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada pemilu sebelumnya.

Sehingga pelaksanaan pencegahan dan pengawasan pemilu dapat di optimalkan pada Pilkada Pangandaran yang akan berlangsung pada November mendatang.

“Pada Pemilu sebelumnya ada beberapa persoalan yang menjadi referensi kita untuk menjadi bahan evaluasi, agar persoalan itu tidak terjadi lagi di Pilkada serentak 2024,” ujarnya

Menurutnya, jika Pilkada Pangandaran hanya diramaikan oleh dua pasangan calon, maka potensi rawannya lebih besar.

“Yang terpenting bagaimana kita bisa mengantisipasi dan  bisa mencegah ataupun bisa melakukan langkah-langkah preventif supaya hal itu tidak terjadi,” katanya.

Iwan pun menekankan kepada seluruh Panwaslu desa dan kecamatan untuk lebih optimal dalam mengawasi semua tahapan pemilu termasuk pada sisi regulasinya.

“Tugas kita mengawasi semua tahapan, memastikan apakah semua tahapan sudah sesuai dengan regulasinya atau tidak,” jelasnya.

Iwan menyebutkan, yang menjadi salah satu titik fokus pihaknya melakukan pengawasan pada potensi politisasi birokrasi dalam menghadapi Pilkada Pangandaran.

“Karena, ada beberapa potensi di antaranya potensi politisasi birokrasi yang menjadi titik fokus pengawasan kami,” ucap Iwan.

Pihaknya berharap, rapat evaluasi dan proyeksi menjelang Pilkada tahun 2024 ini bisa berujung saling menjaga terutama di kalangan SKPD di Kabupaten Pangandaran.

“Agar bagaimana politisasi birokrasi itu tidak terjadi. Kami juga menjadi salah satu proyeksi di Pilkada tahun 2024 ini untuk bagaimana Pilkada ini bisa diciptakan dengan iklim yang sejuk,” Ucap Iwan

Turut hadir dalam kegiatan ini dari unsur TNI/Polri, SKPD Pemkab Pangandaran, serta perwakilan stakeholder dari kecamatan se Kabupaten Pangandaran.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAnggota DPRD Ciamis Minta Disnakkan Pastikan Hewan Kurban Sehat Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H
Artikulli tjetërMusyawarah Cabang Porserosi Kota Banjar, Indra Wahyu Nugraha Terpilih Kembali Menjadi Ketua