Beranda Bandung Raya Banyak IRT di Jabar Terjangkit HIV/AIDS

Banyak IRT di Jabar Terjangkit HIV/AIDS

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Dinkes Jabar menyebut Ibu Rumah Tangga (IRT) menjadi kelompok masyarakat yang terjangkit HIV/AIDS dengan peningkatan tertinggi. Peningkatan tersebut, hampir merata terjadi di seluruh daerah di Jawa Barat.

Kepala Dinkes Jabar, Berli Hamdani Gelung Sakti mengungkapkan, yang mengalami kenaikan dengan angka cenderung tinggi selain IRT, kelompok masyarakat lainnya yang juga terjangkit HIV/AIDS adalah PSK dan pelajar serta mahasiswa.

“Secara trend semuanya meningkat di kelompok risiko. Hanya memang peningkatannya lebih bermakna hampir mencapai 20 persen itu adalah IRT,” ungkapnya di Bandung, Senin (24/06/2019).

Berdasarkan penelitian dan survey yang dilakukan pihaknya, seluruh daerah yang menjadi lokus hampir mengalami peningkatan. Saat ini, lanjutnya, HIV/AIDS juga menjadi penyakit sosial dan bukan hanya berdampak pada kesehatan.

“Bukan hanya di kota besar atau metropolis tapi bisa dikatakan merata di semua wilayah. Tidak ada lagi batasan apakah itu kota besar,” ujarnya.

Berli memaparkan, peningkatan tersebut terjadi karena adanya sosialisasi yang terputus terkait bahaya HIV/AIDS di masyarakat. Selain itu, selama ini belum ada program untuk mengajak masyarakat agar berani terbuka jika terjangkit HIV/AIDS.

“Budaya di Indonesia juga masih tabu membicarakan aib dari masing-masing kepada pasangan. Padahal kalau awalnya dibicarakan dan disampaikan, tidak akan terjadi penularannya,” ucapnya.