Bank Sampah BERSEKA resmi dibuka, kini warga Cijulang Kecamatan Cihaurbeuti bisa manfaatkan sampah untuk bayar pajak. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Peresmian Bank Sampah Berseka di Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis secara resmi dibuka langsung oleh Camat Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis H Edy Yulianto ATD, MM.

Acara tersebut bertempat di salah satu rumah warga di Dusun Cikole Kulon RT 006 RW 003 Desa Cijulang Kecamatan Cihaurbeuti, pada Jum’at (5/8/2022).

Turut hadir Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis, Bank Sampah Induk Ciamis (BSC), Ikatan Pemuda Cikole (IPEC) dan Karang Taruna Desa Cijulang.

Berkaitan dengan ini, Kepala Desa Cijulang Endang Hidayat ST, menyampaikan, seusai Salat Jumat pihaknya melaksanakan sosialisasi penanganan sampah, salah satu narasumbernya dari DPRKPLH Ciamis.

“Hadir Camat Cihaurbeuti dan BSC dalam sosilisasi ini. Secara langsung simbolis launching dibuka Bank Sampah Berseka oleh Camat Cihaurbeuti,” ujarnya.

Endang menyebutkan, sampai saat ini sering ada sebagian warga yang membuang sampah sembarangan.

Lalu, ada juga yang menjualnya kepada tukang rongsok.

“Sekarang Alhamdullilah sudah berdiri bank sampah di Desa Cijulang, masyarakat bisa memilih dan memilah sampah mana yang bisa ditabungkan ke Bank Sampah Berseka Dusun Cikole,” ujarnya.

Manfaat Bank Sampah Untuk Keperluan Sehari-hari

Nantinya, kata Endang, uangnya bisa digunakan berbagai macam keperluan.

Pada awalnya sekarang hanya menabung dari berbagai jenis sampah, nantinya bisa diberikan ke Bank Sampah Berseka.

Kemudian, ada administrasinya bisa dicatat dan uangnya disimpan di bank sampah.

“Nanti uangnya bisa dipergunakan bayar SPPT, listrik, pajak kendaraan dan lainya. Namun itu kalau uangnya sudah mulai memungkinkan,” katanya.

Kata Endang, tahap awal ini nanti diambil enam bulan dulu.

“Nantinya bisa terlihat berapa uang yang terkumpul,” ucapnya.

Kasi Lingkungan Hidup DPRKPLH Kabupaten Ciamis Wardianto menyampaikan, dalam rangka pembentukan bank sampah di Desa Cijulang pihaknya mensosialisasikan pembentukan bank sampah.

Serta beberapa kegunaan bank sampah dan ada beberapa program yang diterima oleh bank sampah.

“Bisa seperti sampah tukar sembako, seragam sekolah serta pembayaran PLN, SPPT, BPPT, bayar pajak kendaraan bermotor dan yang lainnya,” ucapnya.

Wardianto menyampaikan, caranya masyarakat harus menjadi anggota nasabah bank sampah unit. Mereka bisa mempelajari 98 jenis sampah.

“Jadi kalau masyarakat sudah bisa mengidentifikasi berbagai jenis sampah, Insya Alloh sampah yang dibuang masyarakat sedikit. Bahkan akan menambah penghasilan masyarakat,” paparnya.

Di samping itu, Manager Bank Sampah Induk Ciamis (BSC) Sri Devi Mulyanti, bank sampah yang terbentuk se-Kabupaten Ciamis termasuk di Desa Cijulang saat ini ada 260.

Manfaat bank sampah ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sebarangan.

“Semakin banyak sampah yang dikumpulkan, maka berpeluang bagi mereka untuk mendapatkan lebih cepat apa yang dibutuhkan” kata Sri. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaPersib Bandung Kalah Telak oleh Borneo FC 1-4
Artikel berikutnyaPGRI Kabupaten Ciamis Gelar Konferensi Kerja I Masa Bakti XXII 2021-2025, Canangkan Generasi Emas