KPU Ciamis menggelar Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis serta Peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada Ciamis 2024 di Alun-alun Ciamis, Minggu (1/6/2024) malam. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Alat musik tradisional Kabupaten Ciamis jadi simbolis peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada Serentak 2024 di Ciamis.

Acara peluncuran yang berlangsung pada Minggu (1/6/2024) malam ini dihadiri ribuan masyarakat yang memadati Alun-alun Ciamis.

Turut hadir Pj Bupati Ciamis beserta jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Ciamis, Ketua Bawalsu Ciamis, jajaran komisioner KPU Ciamis dan perwakilan KPU Jawa Barat.

Mereka tampak bersemangat membunyikan alat musik Kolotik sebagai simbolis dimulainya tahapan Pilkada Ciamis 2024.

“Kolotik ini salah satu alat musik tradisional khas Ciamis yang sudah tercatat HAKI dan semua warga Ciamis harus tahu dan bangga,” ujar Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani.

Menurut Oong, pada momentum peluncuran ini pihaknya sengaja memakai Kolotik untuk lebih memperkenalkan alat musik tradisional khas Tatar Galuh Ciamis ini pada masyarahat.

“Selain sebagai simbolis peluncuran Pilkada, alat musik ini (Kolotik) juga harus terus kita kenalkan pada masyarakat Tatar Galuh agar kita semua merasa bangga,” katanya.

Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2024 

Lebih lanjut, Oong mengajak pada masyarakat untuk lebih  berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya di Pilkada pada 27 November 2024.

“Kegiatan ini sengaja digelar secara terbuka, berharap dapat menigkatkan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pilkada Serentak 2024,” katanya.

Ia juga berharap, pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Ciamis bisa berjalan lancar dan sukses seperti pada Pemilu 14 Ferbruari lalu.

“Semoga Pilkada 2024 dapat berjalan lancar, sukses tanpa ekses, demokratis sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” tandasnya.

Harapan yang sama juga diungkapkan Pj Bupati Kabupaten Ciamis, H. Engkus Sutisna.

Menutnya, Pilkada ini merupakan momen partisipasi masyarakat ntuk menentukan pemimpin yang akan membawa kemajuan daerah.

“Pilkada merupakan momen partisipasi masyarakat untuk menentukan pemimpinnya,ruang untuk memilih pemimpin yang membawa perubahan positif dan kemajuan,” katanya.

Engkus menekankan, perlunya kerjasama dari semua pihak untuk mewujudkan Pilkada yang aman, tertib dan kondusif.

Ia pun berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat dan para stakeholder untuk bersama menjamin pelaksanakan Pilkada yang aman, tertib dan kondusif serta damai.

“Diharapkan pada masyarakat, penyelenggara, TNI/Polri, untuk bersama menjaga situasi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakMilangkala ke-63 Tahun, BJB Hadirkan Pagelaran Wayang Golek Hinga Hiburan Menarik di Soreang Bandung 
Artikulli tjetërMuslimat NU Kujangsari Banjar Gelar Pengajian Rutin Yaumul Ijtima, H. Bambang Hidayah Berikan Apresiasi