BPBD Kota Banjar saat Gelar Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana di aula kecamatan Banjar, Kota Banjar, Rabu (16/10/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Banjar menggelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana, pada Rabu (16/10/2024) di Aula Kantor Kecamatan Banjar.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Linmas dari desa dan kelurahan se-Kecamatan Banjar, serta staf kecamatan.

Pelatihan berlangsung mulai Senin hingga Kamis (14-17/10) di empat kecamatan, yaitu Pataruman, Langensari, Banjar, dan Purwaharja.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Wawan Setiawan mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan mitigasi bencana di tingkat desa dan kelurahan.

Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi bencana dan upaya pencegahan.

“Masyarakat agar lebih siap menghadapi berbagai potensi bencana yang mungkin terjadi, serta memahami langkah-langkah mitigasi yang tepat,” ujar Wawan.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari BPBD Kota Tasikmalaya, Harisman, yang merupakan Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC).

Dalam paparannya, Harisman menjelaskan berbagai langkah praktis yang harus dilakukan ketika bencana terjadi, termasuk pentingnya koordinasi antara pihak-pihak terkait.

“Koordinasi antar instansi dan kesiapan sumber daya manusia menjadi kunci dalam mengurangi risiko bencana,” jelas Harisman.

Selain itu, pelatihan ini juga dihadiri oleh Camat Banjar, Egi Ginanjar, dan Plt Sekretaris Kecamatan Banjar, Herty Kartikawati.

Keduanya memberikan dukungan penuh terhadap upaya BPBD dalam meningkatkan kapasitas Linmas dan perangkat desa dalam penanganan bencana.

Pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan jaringan koordinasi yang lebih baik antara pemerintah daerah, BPBD, dan masyarakat, sehingga dapat meminimalisir dampak bencana di masa mendatang.

“Semoga pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan yang berguna bagi seluruh peserta dan diaplikasikan dalam tugas-tugas di lapangan,” pungkasnya.

(Hermanto/PasundanNews.com)