Foto/Istimewa

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM – PKS (Partai Keadilan Sejahtera) nampak merapat ke presiden terpilih Prabowo Subianto.

Mengutip laman Detik, Sabtu (12/10/2024), Presiden terpilih Prabowo Subianto telah menerima kunjungan Petinggi PKS.

Mereka dipimpin oleh Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri.

Pertemuan itu menegaskan dukungan PKS terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran.

Usai pertemuan, Prabowo ditanya soal apakah ada pembahasan jatah menteri dari PKS.

Prabowo tak menjawab lugas, ia hanya mengatakan pimpinan parpol yang tergabung dalam koalisi mengajukan nama calon menteri.

“Saya sudah jelaskan, tentunya pimpinan partai akan mengajukan,” kata Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2024).

Secara terpisah, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan belum ada nama calon menteri yang disodorkan ke Prabowo.

Ia mengatakan pertemuan hari ini baru memberikan kriteria.

“Tadi PKS kemudian baru diberikan kriteria-kriteria yang pas untuk kemudian memasukkan. Mungkin memasukkan nama, jadi tadi itu belum ada nama yang dimasukkan,” tambahnya.

Sebelumnya, Dasco mengungkapkan calon menteri di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto akan menjalani sejumlah proses oleh tim.

Ia menyebutkan salah satunya mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebelum sesi tatap muka langsung dengan Prabowo.

“Ya, yang pertama tentunya diminta biodata, kemudian profiling, lalu finalisasi nanti akan ada semacam fit and proper,” kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Dasco mengatakan tim dari presiden terpilih yang akan melakukan proses awal seleksi.

Setelah itu, tuturnya, figur calon menteri akan melalui tahap finalisasi dengan Prabowo secara langsung.

“Walaupun sudah dilakukan oleh tim, tapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka untuk kemudian dalam tahap finalisasi,” tutupnya.

(Herdi/PasundanNews.com)