Serma Takril (kanan) berfoto bersama Danramil 1313/ Banjar usai menerima penghargaan sebagai Babinsa Berprestasi dalam bidang ketahanan pangan yang diberikan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam acara Apel Danrem Dandim Terpusat 2024 di Mandiri Corporate University, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Babinsa Koramil 1313/Banjar, Sersan Mayor (Serma) Takril, kembali meraih penghargaan sebagai Babinsa Berprestasi dalam bidang ketahanan pangan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.dalam acara Apel Danrem Dandim Terpusat 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Mandiri Corporate University, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (10/10/2024).

Penghargaan ini diberikan atas upaya nyata Serma Takril dalam memajukan program ketahanan pangan di wilayah kelurahan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat sebagai wilayah binaannya.

Melalui berbagai kegiatan, seperti penyuluhan pertanian, pelatihan pengelolaan lahan, serta peningkatan kualitas bibit, Serma Takril berhasil mendorong masyarakat lebih produktif dan mandiri dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas kontribusi nyata dalam menjaga ketahanan pangan. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Babinsa lainnya untuk terus berinovasi dan berperan aktif di masyarakat,” ujar Dandim 0613/Ciamis, Letkol Inf Afiid Cahyono, S.Sos., S.H., M.Han., pada Jumat (11/10/2024).

Hal senada dikatakan Danramil 1313/Banjar, Mayor Inf. Dedi Suhendi. Ia juga turut mengapresiasi dedikasi Serma Takril yang dinilai berhasil membawa perubahan positif di wilayah binaannya.

“Prestasi ini membuktikan bahwa peran Babinsa sangat penting dalam mendorong pembangunan pertanian yang berkelanjutan,” katanya.

Prestasi Serma Takril pada Bidang Ketahanan Pangan 

Bagi Serma Takril, penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya sebagai Babinsa Berprestasi di bidang pertanian.

Penghargaan pertama Serma Takril diterima pada Rapat Koordinasi Perluasan Areal Tanam (PAT), Pompanisasi, dan Pembinaan Penyuluhan Pertanian Provinsi Jawa Barat yang digelar di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Bandung, Rabu (7/8/2024).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Sudaryono, B.ENG., M.M., M.BA.

Takril menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang telah mendukung program ketahanan pangan yang ia jalankan.

“Ini adalah hasil kerja keras bersama masyarakat. Saya berharap program ini dapat terus berlanjut dan memberi manfaat bagi semua,” ujarnya.

Keberhasilan Babinsa ini juga merupakan hasil peran Danramil 1313/Banjar dalam membina dan mengarahkan para Babinsa.

Salah satu tugas Danramil adalah menyiapkan anggota dalam tugas pembinaan satuan untuk berkarya saat menjalankan tugas sehari hari.

Prestasi ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk mendukung program-program pemerintah khususnya menjaga ketersediaan pangan.

(Hermanto/PasundanNews.com)