Deklarasi Kampanye Damai Warnai Tahapan Pilkada Banjar 2024. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Usai lakukan pengundian nomor urut paslon, KPU kota Banjar langsung menggelar acara penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai, Senin (23/9/2024).

Empat pasangan calon, membubuhkan tanda tangan diikuti oleh forkopimda sebagai bentuk komitmen menjaga kondusifitas selama tahapan masa kampanye.

Ketua KPU Kota Banjar, Muhamad Mukhlis, mengatakan, tujuan utama dari deklarasi ini adalah mencegah konflik selama masa kampanye.

“Kami berharap dengan adanya Deklarasi Kampanye Damai ini, semua peserta pemilu dapat menjalankan kampanye dengan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Deklarasi ini mencakup beberapa poin penting yang disepakati oleh semua peserta pemilu.

Salah satunya yaitu menjaga kesejukan kampanye dengan menghindari tindakan provokatif dan penyebaran berita bohong.

Peserta pemilu juga sepakat untuk menghormati hukum dan etika politik. Hal ini penting untuk menjamin kegiatan kampanye berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Polri dan TNI juga berkomitmen untuk mengamankan jalannya pemilu, bekerja sama dengan KPU dan Bawaslu menciptakan kampanye yang aman dan kondusif.

“Semua elemen masyarakat, termasuk pendukung calon, dapat bersinergi untuk menciptakan pemilu yang damai dan demokratis, menjadikan tanggung jawab ini sebagai milik bersama seluruh masyarakat,” pungkasnya.

(Hermanto/PasundanNews.com)