BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pepatah Manis (Pelayanan Terpadu Pemerintah untuk Masyarakat Ciamis) kali ini digelar di Kecamatan Rancah.

Hal ini dilakukan guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Acara digelar di Lapang Desa Cileungsir Kecamatan Rancah pada Kamis (19/09/2024).

Pepatah Manis turut menghadirkan 16 Unit Pelayanan Publik (UPP) yang terdiri dari 11 UPP lingkup Pemkab Ciamis dan 5 UPP Instansi Vertikal.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan menggunakan metode pelayanan langsung pada satu waktu dan satu lokasi.

Dalam program ini masyarakat dimudahkan dengan berbagai akses pelayanan publik seperti pembayaran pajak.

Kemudian pembuatan KTP, Akta Kelahiran, Kartu Kuning, NIB (Nomor Induk Berusaha) serta pelayanan lainnya.

Pada kegiatan tersebut juga sekaligus sosialisasi Pilkada Serentak dari PPK kecamatan setempat, sosialiasi layanan bank Galuh, DPMPTSP, Diskominfo dan Damkar.

Sekian itu juga digelar Operasi Pasar Murah (OPM) melalui Perumda Galuh Perdana sebagai upaya pengendalian Inflasi.

Pepatah Manis sendiri dibuka langsung oleh Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna serta turut berkeliling mengunjungi stand-stand yang sedang melaksanakan pelayanan.

Pemkab Ciamis Berikan Kemudahan Pelayanan Publik 

Menurutnya kegiatan Pepatah Manis merupakan upaya pemerintah dalam memberikan kemudahan dalam berbagai pelayanan khususnya bagi masyarakat Kecamatan Rancah dan sekitarnya.

“Saya harap masyarakat Rancah khusunya dapat memanfaatkan kegiatan Pepatah Manis ini, sehingga dapat merasakan kemudahan. Mungpung UPP jaraknya dekat dari kediaman bapa ibu,” kata Pj. Bupati Ciamis.

Bukan hanya itu, dengan adanya pepatah manis ini Pj. Bupati Ciamis berharap masyarakat dapat mengikuti setiap pelayanan atau sosialisasi yang disajikan, utamanya dalam kepemiluan.

“Sebagai penutup, saya mengajak bapa ibu pada 27 November nanti untuk bersama-sama datang mengguanakan hak pilihnya pada pilkada serentak 2024,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Camat Rancah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan beserta tamu undangan lannya.

Untuk diketahui bersama, antusias masyarakat dengan diadakannya Pepatah Manis sangat luar biasa terutama kepada pelayanan pembuatan dokumen kependudukan, diketahui juga pelayanan ini akan terus berlanjut sampai dengan sore hari ini.

(Herdi/PasundanNews.com)