Antisipasi Bahaya Tumbang, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar Tebang Sejumlah Pohon di Trotoar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Banjar melakukan penebangan sejumlah pohon yang berada di beberapa titik trotoar, Selasa (13/8/2024).

Pohon tersebut telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, sehingga pot yang menampungnya rusak dan tidak lagi mampu menahan beban pohon yang semakin besar.

Penebangan dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap risiko pohon tumbang saat angin kencang melanda.

Kepala Dinas LH Kota Banjar, Eri Wardhana, mengatakan, pohon jenis Katapang Kencana tersebut berada di trotoar sepanjang Jalan Letjen Suwarto, Jalan Jenderal Hugeung, dan Jalan Soedarsono.

“Kami khawatir jika terjadi angin besar, pohon-pohon ini bisa tumbang dan membahayakan keselamatan warga. Oleh karena itu, kami mengambil langkah pencegahan dengan menebangnya,” ujarnya.

Selain itu, Eri juga menambahkan bahwa sejumlah pohon yang sudah ditebang ini akan segera diganti dengan tanaman yang lebih cocok untuk ditanam di trotoar.

Tanaman pengganti tersebut dipilih agar tidak merusak fasilitas trotoar dan lebih tahan terhadap kondisi cuaca.

“Kami sudah menyiapkan jenis tanaman pengganti yang tidak hanya lebih aman, tetapi juga dapat memperindah kawasan trotoar. Kami ingin memastikan trotoar tetap hijau, namun aman bagi pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya,” jelas Eri.

Proses penebangan dan penggantian tanaman ini dilakukan secara bertahap untuk meminimalisir gangguan terhadap aktivitas warga di sekitar lokasi.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan proses ini berjalan lancar dan sesuai jadwal.

(Hermanto/PasundanNews.com)