Jelang Pengoperasian Bendung Leuwi Keris, BBWS Citanduy Gelar Rapat Lintas Sektor. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

 

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Menjelang pengoperasian bendungan Leuwikeris, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy mengadakan rapat sosialisasi lintas sektor, pada Rabu (7/8/2024).

Acara yang berlangsung di aula Manganti BBWS Citanduy ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah dari Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

Kepala BBWS Citanduy, Elroy Koyari, menjelaskan bahwa sebelum bendungan Leuwikeris beroperasi, akan dilakukan pengisian air pada struktur utama bendungan.

Proses pengisian ini diperkirakan akan berdampak pada berkurangnya debit air sungai Citanduy.

“Impounding atau pengisian air akan berlangsung selama beberapa pekan dan dipastikan debit air sungai menjadi berkurang, oleh sebab itu kami sengaja mengundang lintas sektor untuk sosialisasinya,” jelasnya.

Elroy menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan solusi terbaik bagi semua pihak, sehingga proses pengisian air hingga bendungan beroperasi tidak menimbulkan polemik dan keresahan di kalangan warga di lima kota/kabupaten yang terdampak.

“Kami mencoba memberikan solusi terbaik untuk semua pihak agar proses impounding, peresmian hingga pengoperasian bendungan bisa berjalan lancar,” tuturnya.

Elror menyebutkan, Proses impounding akan dilakukan pada 15 Agustus 2024 mendatang.

Ia pun berharap rapat ini dapat memberikan pemahaman yang komprehensif kepada semua pihak terkait dampak dan solusi dari pengisian air bendungan Leuwikeris.

“Sehingga proses ini dapat berjalan dengan baik dan aman tanpa menimbulkan keresahan di masyarakat,” pungkasbya.

Dalam sosialisasi tersebut, turut hadir Sekda Ciamis, Andang Firman, beserta beberapa pejabat Dinas.

Kemudian dari pemerintah Kota Banjar, hadir Asda 2 serta Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas PUPR.

(Hermanto/PasundanNews.com)