Dalam rangka memperingati HUT RI ke-79, Komando Distrik Militer (KODIM) 0613/Ciamis melaksanakan program rehab Rutilahu milik Warakawuri E. Miyatin (75) di lingkungan Wargamulya, RT 17/08, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-79, Kodim 0613/Ciamis adakan  program rehabilitasi rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Program ini ditujukan bagi para Purnawirawan, Warakawuri, dan Veteran TNI AD Kodam III/Siliwangi.

Salah satu rumah yang direhabilitasi kali ini adalah milik Warakawuri E. Miyatin (75) di lingkungan Wargamulya, RT 17/08, Kelurahan/Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar.

Rumah tersebut berdiri di atas tanah milik pribadi E. Miyatin, yang merupakan istri dari almarhum pensiunan TNI AD Kopda Uchi Ruchiyat, yang meninggal pada tahun 2016.

Rehabilitasi ini menjadi bentuk kepedulian TNI kepada keluarga besar mereka yang telah berjasa bagi negara.

Dandim 0613/Ciamis, Letkol Inf. Afiid Cahyono, melalui Danramil 1313/Banjar, Mayor Inf. Dedi Suhendi, menjelaskan, program ini merupakan inisiatif dari Kodam III/Siliwangi.

“Kegiatan ini merupakan perintah Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Mohammad Fadjar, sebagai bentuk kepedulian kepada para purnawirawan dan keluarganya,” ujarnya.

Mayor Inf. Dedi mengatakan, estimasi waktu pengerjaan untuk menyelesaikan rehabilitasi rumah ini sekitar 15 hari. Seluruh pekerjaan ini akan dilaksanakan oleh anggota Kodim setempat.

“Kami juga bekerja sama dengan Baznas Kota Banjar dan warga setempat untuk memastikan rumah ini bisa kembali layak huni dalam waktu yang singkat,” katanya.

Kegiatan rehabilitasi ini bukan hanya sekedar membangun ulang rumah, tetapi juga memberikan harapan baru bagi keluarga E. Miyatin.

“Kami berharap dengan adanya perehaban ini, Bu Miyatin bisa tinggal dengan lebih nyaman dan aman,” tuturnya.

E. Miyatin, yang selama ini tinggal di rumah tersebut, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian dan bantuan yang diberikan.

“Terima kasih kepada Bapak Pangdam III/Siliwangi dan Bapak Dandim 0613/Ciamis yang telah membantu merehabilitasi rumah saya. Ini sangat berarti bagi saya,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Camat Purwaharja, Rina Purnama Sari dan Lurah Purwaharja, Hendi Sumantri.

(Hermanto/PasundanNews.com)