Vaksin Novavax
JAKARTA, PASUNDANNEWS.COM – Kepala BPOM, Penny K. Lukito dalam konferensi pers menyatakan bahwa tanggal 13 januari 2021 Vaksinasi Covid-19 Sinovac bisa dilakukan.
Melalui siaran YouTube BPOM RI, Jumat, (8/1) kemarin. Penny memastikan bahwa EUA akan bisa dikeluarkan sebelum tanggal 13 Januari 2021, di mana vaksinasi Covid-19 direncanakan akan dimulai dengan penyuntikkan perdana kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.
“Segera bisa kami berikan ermergency use authorization (EUA) dalam beberapa hari ke depan. Saya kira itu sudah sesuai dengan rencana berdasarkan timing sudah kami lakukan,” kata Penny dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BPOM RI, Jumat kemarin.
Keyakinan Penny menerbitkan EUA sebelum 13 Januari 2021 berdasarkan evaluasi sementara terhadap hasil uji klinis fase 3 vaksin Sinovac. Hasil evaluasi menunjukkan, keamanan vaksin Sinovac sudah baik.
“Alhamdulillah sudah ada keyakinan yang semakin besar, sampai dengan hari ini, sehingga masih bisa dipastikan akan keluar sebelum tanggal 13 Januari,” ujar dia.
“Keyakinan kami dikaitkan dengan aspek keamanan yang sudah baik dan juga efikasi yang bertahap dapat mendapatkan datanya, efikasi itu kan khasiat yang dikaitkan dengan imunogenisitas, netralisasi. Itu sudah kami dapatkan, tinggal nanti mendapatkan efikasinya. Itu sudah memberikan keyakinan, sehingga bisa diperkirakan tanggal 13 bisa melakukan vaksinasi,” sambung Penny.
Artikulli paraprakVaksin Covid-19 Sinovac Dinyatakan Halal Oleh MUI
Artikulli tjetërCegah Penyebaran Covid 19, Pemkab Cianjur Masih Tunda Proses Belajar Tatap Muka