Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis. Foto/Hermanto. PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 4 pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Banjar telah selesai menjalani tes kesehatan.

Tes kesehatan tersebut berlangsung selama pada tanggal 30 hingga 31 Agustus 2024 di Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Hasil pemeriksaan tersebut dijadwalkan akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar pada Senin 2 September 2024.

Menurut Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis, proses pemeriksaan kesehatan seluruh kandidat berlangsung lancar tanpa hambatan.

“Senin besok kami akan ambil hasilnya ke RSHS Bandung dan akan diumumkan dalam waktu dekat,” ungkap Mukhlis kepada pasundannews.com, Minggu (1/9/2024).

Mukhlis mengatakan jika terdapat kandidat yang diketahui memiliki penyakit serius, maka yang bersangkutan akan menjalani cek kesehatan lanjutan di RSHS Bandung.

Selain itu, pengumuman hasil pemeriksaan kesehatan akan bersamaan dengan pengumuman kekurangan administrasi saat pendaftaran paslon.

“Bila ada calon yang sakit, akan menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan di RSHS Bandung,” kata Mukhlis.

Pada Pilwakot Banjar 2024 ini KPU mencatat ada empat paslon yang telah resmi mendaftarkan diri.

Dari 4 Paslon tersebut, 3 di antaranya diusung oleh partai politik, sementara 1 paslon maju dari jalur perseorangan atau independen.

Adapun Paslon yang diusung oleh partai politik yaitu, H Nana Suryana H Mujamil (PDIP dan PPP), H Bambang Hidayah- Dani Danial Mukhlis (Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, Hanura, Nasdem).

Kemudian, H Sudarsono-H Supriana (Golkar dan PKB). Sedangkan dari jalur independen yaitu, H Akhmad Dimyati-Alam Alatas turut bertarung dalam Pilkada ini.

KPU Kota Banjar kini hanya tinggal menunggu pengumuman keabsahan administrasi paslon sebelum melanjutkan ke tahap pengundian nomor urut paslon yang dijadwalkan akan berlangsung pertengahan September nanti.

Masyarakat diimbau untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dengan cerdas, memahami visi dan misi masing-masing pasangan calon, dan membuat pilihan yang bijaksana.

(Hermanto/PasundanNews.com)