PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG — Sebanyak 312 siswa sekolah menengah atas (SMA) di Jawa Barat (Jabar) mengikuti “Olimpiade Sains Nasional’ (OSN) 2019 tingkat provinsi yang dilaksanakan di Hotel Bumi Makmur Indah, Jalan Raya Lembang 224 – Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (8/4/2019). Kegiatan tahunan ini melombakan 9 mata pelajaran. Untuk para pemenang dari setiap mata pelajaran akan mewakili Jabar di kancah nasional yang akan diadakan di Manado, Sulawesi Utara pada 30 Juni 2019.

 

Kesembilan mata pelajaran tersebut, antara lain fisika, kimia, matematika, astronomi, biologi, ilmu kebumian, informatika/komputer, geografi, dan ekonomi.

 

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika. Kadisdik mengungkapkan kebanggaannya kepada seluruh peserta karena berhasil mengikuti OSN tingkat provinsi. “Saya sangat bangga, mereka memang luar biasa. Mereka adalah yang terbaik dari sekitar 670 ribuan siswa SMA di Jabar,” ungkapnya.

 

Ia menuturkan, penting bagi siswa mengasah jiwa kompetisi sehingga menumbuhkan mental juara. “Sebelumnya saya yakin mereka telah berkompetisi dengan dirinya sendiri, sepeti menentukan prioritas dari kesibukannya sebagai siswa. Sehingga, mereka telah terasah dan siap bersaing sehat dengan peserta lainnya,” tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas (Kabid PSMA) Disdik Jabar, Yesa Sarwedi menuturkan, peserta OSN tingkat provinsi telah mengikuti tahap seleksi di kabupaten/kota. “Sehingga, mereka yang ada di sini adalah yang terbaik dari yang terbaik,” tuturnya.

 

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya memotivasi, sekaligus mengembangkan prestasi siswa. “Kita pun jadi tahu mereka yang punya potensi dan kemampuan di mata pelajaran yang dikuasai. Semoga mereka yang mewakili Jabar mampu menorehkan prestasi di tingkat nasional,” harapnya.

 

Salah satu peserta, Nabil Khwarizmi Syuhada menyatakan siap berkompetisi di OSN ini. Siswa SMAN 2 Cibinong itu mengatakan, ini kali pertamanya mengikuti OSN tingkat provinsi. “Tahun sebelumnya cuma di tingkat kabupaten, Alhamdulillah sekarang lolos,” ujar peserta mata pelajaran kimia tersebut.

 

Nabil pun memiliki cara tersendiri dalam melakukan persiapan. Selain tekun latihan mengerjakan soal, Abil pun tak lupa meluangkan waktu bermain untuk menyegarkan pikirannya. “Jadi enggak melulu belajar, diselingi sama main juga biar otak lebih fresh,” ucap siswa kelas XII itu.

 

OSN tingkat provinsi ini diadakan selama empat hari, mulai 8 April hingga 11 April 2019. Di hari pertama (Selasa), mata pelajaran yang diujikan adalah matematika, kimia, dan fisika. Sedangkan hari kedua, biologi, kimia dan astronomi. Hari terakhir, ekonomi, kebumian, dan geografi. *

Artikulli paraprakKontingen OSN SMA Kota Bandung & Kota Cimahi Dilepas Husen untuk Bersaing di Provinsi
Artikulli tjetërMa’ruf Amin Sentil Prabowo Gebrak Meja Podium

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini