PPWI Perwakilan Ciamis kolaborasi bersama KPU dan KCD Pendidikan Jawa Barat Wilayah XIII menggelar sosialisasi pemilihan serentak 2024, bertempat di Aula Gedung SMA Negeri 1 Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Persatuan  Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Ciamis menggelar sosialisasi pemilihan serentak bagi pemilih pemula untuk  Pilkada Serentak 2024.

Dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut, PWI Ciamis menggandeng KPU dan bekerjasama dengan KCD Pendidikan Jawa Barat Wilayah XIII.

Kegiatan berlangsung pada Senin (26/8/2024) bertempat di Aula Gedung SMA Nergeri 1 Ciamis.

Turut hadir puluhan pelajar SMA dan SMK Negeri se-Kabupaten Ciamis.

PWI Ciamis juga mengundang narasumber dari KPU Ciamis, Divisi Sosdiklihparmas dan SDM, Said Attanjani, CEO Harapanrakyat.com, Subagja Hamara dan Influencer, Widianty Katresna.

Plt Ketua PWI Ciamis, Anthika Asmara, menjelaskan alasan pihaknya memilih SMA dan SMK untuk menjadi sasaran kegiatan sosialisasi ini.

Anthik menyebutkan, berdasarkan catatan dari Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ciamis, pemilih pemula ada sekitar 46 ribu.

Data tersebut menunjukan bahwa yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik ada sekitar 69 persen.

“Artinya, ada 31 persen lagi yang belum melakukan perekaman KTP elektronik dengan kepentingan untuk ikut Pilkada,” jelasnya.

Maka dari itu, Anthika meminta kepada pelajar yang hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut untuk memberitahu kepada rekan-rekannya di sekolah.

“Jadi nanti teman-teman mempunyai tugas untuk memberitahu teman-temannya yang sudah 17 tahun, mengajak minimal melakukan perekaman KTP elektronik terlebih dahulu. Lalu nanti bisa memilih,” tuturnya.

Ia menerangkan, pentingnya memilih atau mencoblos, yaitu untuk menentukan arah kebijakan pimpinan ke depan.

Selain itu, menurut Anthik, pelajar SMA dan SMK yang ikut sosialisasi pemilihan serentak nantinya akan bekerja dan mengajak berpartisipasi kepada teman sejawat mereka.

“Saya sebut mereka ini semua sebagai agen partisipasi pemilih pemula. Itu untuk semua sekolah, jadi bukan satu sekolah saja tapi sekolah lainnya,” terangnya.

Anthik menambahkan, PWI Ciamis pun akan turut berkomitmen mengawal Pilkada 2024 bersama KPU Ciamis.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari KPU Ciamis, sebagaimana disampaikan Ketua Divisi Sosdiklihparmas SDM (Sosialisasi Edukasi Pemilih dan Partisipasi Masyarakat SDM), Said Attanjani.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PWI Ciamis, yang telah berkolaborasi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih khususnya pemilih pemula,” katanya.

Senada dengan Plt Ketua PWI Ciamis, Said menyebut akan menjadikan peserta ini sebagai agen partisipasi.

Oleh karenanya, Said meminta kepada para peserta sosialisasi, nantinya bisa menghubungi PPK setempat untuk kerja sama.

“Jadi nantinya ketika pihak sekolah akan melakukan sosialisasi bersama PPK, tak usah menyediakan apapun atau intinya gratis. Kita nanti akan dorong ke sana,” tandasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)