SMK Teknologi Modern Kalipucang menjalani proses visitasi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Menengah dan Pendidikan Kesetaraan (BAN-PDM). Foto/Deni Rudini.PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – SMK Teknologi Modern Kalipucang menjalani proses visitasi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Menengah dan Pendidikan Kesetaraan (BAN-PDM) pada 23-24 Oktober 2024.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dimulai Rabu hingga Kamis, dengan tujuan menilai kinerja sekolah secara objektif. Rabu (23/10/2024)

Kepala SMK setempat, Afan Juliantoro, menyampaikan rasa syukur atas visitasi sekolah yang dilakukan oleh BAN-PDM.

Afan mengungkapkan, sebelumnya, SMK ini sudah dilakukan visitasi pada tahun 2019 dengan hasil yang memuaskan.

“Kami berharap pada tahun 2024 ini dapat kembali meraih hasil akreditasi yang baik, karena kinerja guru dan staf sudah siap 100%,” ucapnya.

Dua asesor yang ditugaskan dalam visitasi ini adalah Drs. H. Dodi Syamsuduha, M.Pd., dan Drs. Tarsum Sumarna, M.Pd., berdasarkan Surat Tugas No. 1064/BAN-PDM-JABAR/TU/2024.

Drs. Dodi menjelaskan, tujuan visitasi mengumpulkan data dan informasi objektif terkait kondisi sekolah, khususnya program pendidikan kesetaraan, untuk memastikan terpenuhinya indikator kinerja.

“Kami juga akan menyusun catatan dan saran berdasarkan temuan selama visitasi serta memberikan penilaian peringkat kelayakan sekolah,” katanya.

Proses visitasi ini dapat memberikan gambaran objektif terkait mutu pendidikan di SMK Teknologi Modern Kalipucang, mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.

“Sekaligus ini menjadi langkah penting dalam pemetaan kualitas pendidikan di sekolah ini.”

Drs. Tarsum Sumarna, M.Pd., menambahkan, pada hari pertama kegiatan visitasi difokuskan pada wawancara internal dengan berbagai pihak terkait.

“Hari pertama kami lakukan wawancara dengan guru, wakil kepala sekolah, siswa, dan pihak-pihak lain di lingkungan sekolah,” pungkasnya.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)