Kusnadi, buyut dari Syeh Alfi Hasan. Foto/Hermanto.PasundanNews com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Situs cagar budaya Syeh Alfi Hasan, yang terletak di lingkungan Awiluar, Kelurahan Situbatu, Kecamatan/Kota Banjar menjadi salah satu titik penting dalam sejarah penyebaran agama Islam di wilayah ini.

Syeh Alfi Hasan yang dimakamkan di tempat tersebut, merupakan tokoh penyebar Islam yang telah berkelana hingga Banten, Cirebon, Ciamis, dan wilayah Jawa Barat lainnya, bahkan mencapai Jawa Timur.

“Kami berharap ke depan tempat ini bisa menjadi destinasi wisata religi atau ziarah bagi umat Muslim,” ujar Kusnadi, buyut dari Syeh Alfi Hasan kepada awak media, Minggu (22/9/2024) sore.

Kusnadi menjelaskan bahwa situs ini merupakan bagian dari runtutan atau rundayan kawargian Sukapura, terutama Dalem Sawidak sebagai keturunan.

Syeh Alfi Hasan memiliki sembilan anak yang kini sudah tiada, namun garis keturunannya masih ada di Kota Banjar.

Kusnadi yang merupakan keturunan langsung berharap situs ini dapat menjadi pusat kegiatan keagamaan di masa depan.

“Ke depan tempat ini akan dijadikan majelis sholawat dan dzikir,” tambahnya.

Setiap tahun, khususnya pada bulan Mulud, kawargian Dalem Sawidak mengadakan acara Haol di situs ini.

“Ini merupakan Haol yang kedua, dan setiap tahunnya pengunjung datang dari berbagai daerah seperti Banten, Cirebon, Ciamis, Tasikmalaya, dan tentunya dari Kota Banjar sendiri,” terang Kusnadi.

Situs ini sudah tercatat di bidang kebudayaan Kota Banjar, namun Kusnadi menyebutkan bahwa hingga saat ini Surat Keputusan (SK) resmi untuk penetapan situs sebagai cagar budaya belum diterbitkan. Meskipun begitu, mereka terus berusaha menjaga dan melestarikan tempat ini.

Dalam waktu dekat, Kusnadi juga berharap dapat membangun gazebo di area situs untuk menunjang kegiatan bulanan.

“Mohon doanya untuk pembangunan gazebo ini, agar kegiatan keagamaan bulanan bisa berjalan lebih nyaman,” pungkasnya.

(Hermanto/PasundanNews.com)