Pj Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati melepas peserta pawai Tarhib di alun-alun Kota Banjar, Jawa Barat. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Pj Walikota Banjar, Ida Wahida Hidayati melepas Pawai Tarhib Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Alun-Alun Kota Banjar, Kamis (4/7/2024).

Turut hadir unsur Forkopimda, Ketua MUI, para kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta para tokoh agama Kota Banjar.

Meski dibawah guyuran hujan, namun semangat para peserta tidak surut untuk menyambut tahun baru Islam.

Antusiasme masyarakat terlihat tinggi dengan banyaknya peserta yang mengikuti pawai menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Rute pawai dimulai dan berakhir di Alun-Alun Kota Banjar.

“Tahun baru Islam merupakan momen istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Momen ini menjadi penanda pergantian tahun kalender Hijriah yang sepatutnya dijadikan sebagai titik balik untuk melakukan refleksi diri dan introspeksi atas perjalanan hidup selama setahun lalu,” ujar Ida.

Ida menambahkan, tahun baru Islam juga harus menjadi momentum untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta meningkatkan semangat dalam menjalankan syariat Islam.

“Mari kita jadikan semangat Hijrah Nabi Muhammad SAW sebagai inspirasi untuk melakukan perubahan positif pada diri sendiri, keluarga, dan masyarakat,” imbuh Ida.

Ida juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dan persatuan antar sesama, menjaga kerukunan antar umat beragama, bersama-sama membangun Kota Banjar yang lebih maju, adil, dan sejahtera.

“Selamat Tahun Baru Islam 1446 H, semoga Allah SWT selalu meridhoi awal ibadah kita dan membimbing kita ke jalan yang benar selama tahun 1446H ke depan,” katanya.

Terkait pengamanan acara, Kapolres Banjar melalui Kasat Lantas Polres Banjar AKP Otong Rustandi, S.H.,M.M. mengatakan, bahwa pihaknya menyiapkan 49 personel

Puluhan personel tersebut melaksanakan pengamanan di lokasi start maupun di persimpangan-persimpangan yang dilintasi oleh peserta pawai serta pengawalan selama pelaksanaan pawai.

“Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para peserta pawai maupun pengendara lain,” kata AKP Otong Rustandi.

Acara pawai berlangsung dengan meriah dan lancar, menambah semangat masyarakat Kota Banjar dalam menyambut tahun baru Islam.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKota Banjar Raih Penghargaan Kampung KB Berkualitas Tingkat Nasional 2024
Artikulli tjetërRakornas Bank Sampah 2024, Pemkab Ciamis Menjadi Salah Satu Percontohan Nasional