Mohamad Ijudin bersama sejumlah stakeholder saat meninjau rumah warga yang ambruk di Dusun Cisihung, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Rumah warga di Dusun Cisihung, Desa Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis ambruk.

Musibah itu terjadi pada Minggu (30/6) sekitar pukul 01.30 WIB, diduga karena keadaan rumah yang sudah lapuk dimakan usia.

Rumah warga yang ambruk ini milik Edi Supriadi (43) sebagai kepala keluarga, serta dihuni sebanyak 5 orang anggota keluarga.

Mengetahui informasi tersebut, Ketua DPD AMPI Ciamis, Mohamad Ijudin meninjau ke lokasi untuk melihat secara langsung keadaan rumah tersebut.

“Rumah panggung ini memang sudah lapuk termakan usia. Sudah bikin bangunan sementara untuk tempat berlindung, keadaan cukup memprihatinkan,” ujarnya saat meninjau ke lokasi, Senin (1/7/2024).

Ijudin mengajak masyarakat setempat dan seluruh stakeholder yang berwenang untuk terlibat aktif mengatasi rumah warga yang ambruk tersebut.

“Kami mengajak adanya keterlibatan aktif banyak pihak dalam penyelesaian masalah ini,” tutur Anggota DPRD Ciamis terpilih itu.

Pada kesempatan itu, Ijudin juga berpesan agar setiap penyelesaian masalah di masyarakat kuncinya adalah gotong royong.

“Gotong royong menjadi syarat utama dalam menyelesaikan setiap persoalan di masyarakat. Spirit ini bisa membangkitkan semangat saling tolong menolong dengan semampu kita,” jelasnya.

Ia pun menegaskan, ketika ada persoalan untuk tidak menyalahkan siapapun. Melainkan pentingnya mengajak keterlibatan aktif seluruh pihak.

“Kita jangan acuh, mulai dari diri sendiri untuk saling menolong semampu yang kita bisa. Jangan menyalahkan siapapun,” katanya.

Ijudin pun berharap, dengan semangat gotong royong yang ditonjolkan, desa Bojongmengger, Cijeungjing menjadi daerah percontohan.

“Kami berharap, di daerah Bojong ini menjadi pilot project, percontohan bagi daerah lain tentang semangat gotong royong masyarakatnya,” ucapnya.

Ke depan, katanya, musyawarah masyarakat di lingkungan setempat akan menjadi kekuatan dan menjadi modal sosial bagi musibah yang terjadi saat ini.

“Musibah ini semoga bisa menjadi hikmah bagi kita, bagaimana kebersamaan masyarakat bisa membantu satu sama lain,” pungkasnya.

Dalam peninjauan rumah ambruk ke Desa Bojongmengger tersebut turut hadir dari pihak Baznas Ciamis, BPBD dan aparat pemerintahan setempat.

(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKader Muda Golkar Sebut Partainya Akan Rekomendasikan Asep Japar Maju di Pilbup Sukabumi 
Artikulli tjetërHadiri Sidang Pra Peradilan, Dedi Mulyadi Fokus Beri Advokasi Sosial untuk Keluarga Pegi Setiawan