Direktur Rumah Sakit Banjar Patroman, dr. Adam Sujoko (paling kanan) saat meninjau pasien operasi katarak. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Rumah Sakit (RS) Banjar Patroman melakukan operasi katarak gratis bagi warga Banjar dan sekitarnya. Kegiatan berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (27-28/7/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan perawatan mata namun terkendala biaya.

Acara ini menargetkan 300 pasien, namun antusiasme masyarakat yang tinggi membuat 390 orang hadir untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Humas RS Banjar Patroman, Asep Halim, mengatakan, bahwa mereka menggunakan dua kamar operasi yang digunakan secara bergantian.

“Kami sangat bersyukur dapat menyelenggarakan operasi katarak gratis ini untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata Asep.

Asep menuturkan, dalam kegiatan ini, pihaknya bekerja sama dengan tujuh dokter spesialis mata dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Jakarta.

Para dokter tersebut berkontribusi secara sukarela demi kesuksesan acara ini.

“Keikutsertaan para dokter spesialis dari Jakarta sangat membantu kami dalam menangani jumlah pasien yang cukup banyak,” tuturnya.

Direktur RS Banjar Patroman, dr. Adam Sujoko, mengatakan, kegiatan sosial ini juga didukung oleh Bank BCA melalui CSR Bakti BCA dan Selaras Foundation.

Keduanya memberikan dukungan finansial dan logistik untuk memastikan semua kebutuhan operasi katarak terpenuhi.

“Kami berterima kasih kepada BCA melalui CSR Bakti BCA dan Selaras Foundation yang telah memberikan dukungan luar biasa untuk kegiatan ini,” ungkapnya.

Adam mengungkapkan, pada tahun 2023 lalu RS Banjar Patroman juga telah mengadakan operasi bibir sumbing gratis bagi masyarakat.

“Kami ingin terus berkontribusi bagi masyarakat melalui berbagai program sosial yang kami adakan setiap tahun,” katanya.

Antusiasme dan apresiasi dari masyarakat menjadi motivasi bagi RS Banjar Patroman untuk terus memberikan pelayanan terbaik.

“Melihat kebahagiaan pasien yang bisa kembali melihat dengan jelas adalah kebahagiaan tersendiri bagi kami,” pungkasnya.

Kegiatan operasi Katarak ini juga didukung oleh Jabar Bergerak Kota Banjar dibawah pimpinan Ari Faturohman. Mereka telah menyiapkan daftar pasien yang ikut dalam operasi katarak tersebut.

(Hermanto/PasundanNews.com)