Ketua Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ilham Ginanjar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Puluhan petugas sortir di gudang logistik KPU Kota Banjar telah memulai proses lipat surat suara pada Rabu, (10/1/2024).

Meskipun demikian, Bawaslu Kota Banjar memberikan peringatan kepada KPU agar memastikan kehati-hatian dalam proses pelipatan tersebut.

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ilham Ginanjar, menekankan kepentingan pengawasan menyeluruh dengan menerjunkan 10 personil untuk memantau proses tersebut.

“Pengawasan ini dilakukan guna memastikan kelancaran proses sortir lipat surat suara dan mencegah terjadinya kecurangan selama pelipatan,” ujarnya.

Ketua Bawaslu juga menekankan pentingnya mematuhi prosedur dan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Banjar, termasuk memberikan aturan kepada petugas sortir, seperti larangan makan atau merokok selama proses berlangsung.

Selain itu, Bawaslu Kota Banjar juga memastikan bahwa petugas sortir harus menjaga netralitas mereka, menghindari keluar dari jalur dan prosedur yang telah ditetapkan.

Proses pengawasan pun masih berlangsung, dan hingga saat ini belum ditemukan pelanggaran prosedur.

Pihak Bawaslu juga memperhatikan kemungkinan adanya surat suara yang rusak atau robek selama proses pelipatan berlangsung.

Mereka menekankan bahwa petugas sortir harus menyelesaikan tugas dalam batas waktu 10 hari, dengan target melipat ratusan ribu surat suara.

“Dalam konteks pelipatan surat suara untuk DPRD Kabupaten Kota, kami menyarankan agar KPU menempatkan proses ini di akhir, memperhatikan proses dapil untuk menghindari kesalahan pengelompokan surat suara antar-Dapil,” katanya.

Bawaslu berharap agar saran mereka dapat membantu memastikan integritas proses pelipatan surat suara di Kota Banjar. (Hermanto/PasundanNews).