Presiden Joko Widodo meresmikan 16 jembatan Callender Hamilton dan 22 ruas jalan inpres yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat pada Kamis (29/8/2024) dari atas Jembatan Parungsari, Jalan Letjend Suwarto, Kota Banjar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 16 jembatan Callender Hamilton dan 22 ruas jalan inpres tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat pada Kamis (29/8/2024).

Acara peresmian ini berlangsung di atas Jembatan Parungsari, Jalan Letjend Suwarto, Kota Banjar.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan rasa syukur atas rampungnya pembangunan infrastruktur tersebut.

“Hari ini alhamdulillah kita akan meresmikan 16 jembatan Callender Hamilton di Jawa Barat,” kata Jokowi.

Total panjang jembatan yang diresmikan mencapai 1.030 meter dengan anggaran sebesar Rp 1,9 triliun.

Jembatan-jembatan ini merupakan yang tersebar di 8 di Jawa Barat.

Selain itu, Jokowi juga meresmikan 22 ruas jalan inpres sepanjang 121 kilometer yang berada di 13 kota kabupaten di Jawa Barat dengan total anggaran sebesar Rp 521 miliar.

Presiden juga meresmikan Jembatan Ciloseh di Kota Tasikmalaya yang merupakan bagian dari lingkar utara Kota Tasikmalaya.

“Kita harap dengan jembatan ini akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas menuju Bandara Kota Tasik, serta mengatasi kemacetan di dalam kota,” jelas Jokowi.

Jokowi menambahkan bahwa pembangunan dan perbaikan jalan inpres bertujuan untuk meningkatkan konektivitas, efisiensi logistik, dan memperlancar mobilitas orang dan barang di wilayah Jawa Barat.

Usai peresmian, Jokowi berjalan kaki di Jalan Parungsari, Kota Banjar, untuk membagikan kaos dan buku kepada masyarakat dan siswa yang sudah menantikannya di sepanjang jalan.

Setelah kunjungannya di Kota Banjar, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Tasikmalaya untuk meresmikan Bendungan Leuwi Keris, yang merupakan salah satu proyek strategis nasional.

(Hermanto/PasundanNews.com)