Sekda Kota Banjar, Soni Harison bersama pejabat pemkot Banjar dan kader Posyandu Mawar berfoto bersama tim rechecking lomba Posyandu tingkat provinsi Jawa Barat di aula Posyandu Mawar lingkung Parungsari, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Posyandu Mawar yang terletak di Lingkungan Parungsari, kelurahan Karangpanimbal, Purwaharja, berhasil masuk dalam 6 besar lomba posyandu tingkat Jawa Barat tahun 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjar, Soni Harison turut mendampingi mendampingi Tim Re-Checking Jawa Barat dalam penilaian tersebut.

Dalam kesempatan ini, Soni menyampaikan harapannya agar Posyandu Mawar dapat meraih prestasi terbaik di tingkat Jabar.

“Kegiatan ini merupakan tahapan rechecking atau revisi lapangan untuk menguji sejauh mana setelah kita diekspos kan di Jawa Barat dan kondisi di lapangan seperti apa,” ujar Soni, Selasa (31/7/2024).

Menurut Soni, Posyandu sekarang telah berkembang menjadi pusat layanan berbagai dimensi kehidupan masyarakat.

“Dulu Posyandu dikenal hanya penimbangan bayi dan pemeriksaan ibu hamil saja, namun sekarang dari berbagai dimensi kehidupan yang ada di masyarakat ini dilaksanakan di Posyandu seperti pembinaan UMKM, edukasi kesehatan, serta segmen lainnya,” katanya.

Eksistensi Posyandu di Kota Banjar Capai 100 persen 

Sementara itu, ketua tim rechecking Jawa Barat, Bayu Rakhmana mengatakan, revisi lapangan dilakukan di 6 kota, yaitu Sukabumi, Cimahi, Bandung, Depok, Cirebon, dan Banjar.

Bayu mengungkapkan, bawa Posyandu di Kota Banjar terus menunjukan eksistensinya. Ia menyebut Posyandu di Kota Banjar 100 % aktif dan 90 % mandiri.

“Pemerintah dan masyarakat di Banjar berkomitmen mendorong Posyandu menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan,” kata Bayu.

Pada acara tersebut, Posyandu Mawar melakukan simulasi pertolongan terhadap ibu yang hendak melahirkan melalui layanan cepat Rindu Si Camar (maRI ke posyANDU, ber-akSI dengan CAtor MawAR).

Simulasi ini diperankan oleh grup lawak legenda asal Kota Banjar, Tumaritis, bersama kader Posyandu Mawar.

Selain simulasi, acara ini juga melibatkan edukasi mengenai pentingnya ber-KB yang disampaikan kepada masyarakat.

“Edukasi tentang pentingnya ber-KB adalah bagian penting dari kegiatan kami di Posyandu,” kata Ketua Posyandu Mawar, Entin Sujadi.

Camat Purwaharja, Rina Purnama Sari, sebagai inisiator seluruh acara ini, mengatakan, kegiatan ini juga disertai dengan bazar UMKM dan penampilan seni anak-anak PAUD Mawar.

“Posyandu tidak hanya fokus pada kesehatan, tetapi juga pemberdayaan ekonomi dan pendidikan anak usia dini,” ujarnya.

Rina berharap bahwa Posyandu Mawar bisa meraih hasil maksimal dalam lomba Posyandu tingkat provinsi Jawa Barat ini.

“Kami berharap meraih hasil positif dalam lomba tingkat provinsi Jawa Barat,” pungkasnya.

Turut hadir sejumlah kepala OPD lingkup Pemkot Banjar, para pejabat instansi terkait, Lurah Karangpanimbal, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta RT/RW setempat.

(Hermanto/PasundanNews.com)