Pj Bupati Ciamis menghadiri rapat koordinasi Pilkada Serentak tahun 2024, pada Rabu (21/8/2024) di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pj Bupati Ciamis menghadiri rapat koordinasi Pilkada Serentak tahun 2024.

Rakor yang berlangsung pada Rabu (21/8/2024) di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta tersebut membahas terkait persiapan penyelenggaraan Pilkada serentak.

Rakor dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Kegiatan tersebut sengaja diselenggarakan oleh Menko Polhukam guna memastikan sejauh mana kesiapan dan juga kemungkinan adanya permasalah agar dapat diantisipasi sejak dini.

Sehingga nantinya pilkada serentak dapat berjalan dengan sukses sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan.

Dalam sambutannya, Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto mengatakan tahapan Pilkada 2024 telah dimulai.

“Seluruh tahapan akan terus bergulir hingga pelaksanaan pemungutan suara dan ditutup dengan penghitungan suara,” ujarnya

Selain itu beliau menambahkan bahwa stabilitas politik, hukum dan keamanan adalah yang utama.

“Untuk dapat mewujudkan pilkada yang aman dan damai, tentunya yang harus benar-benar dijaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan ini sangat penting dan utama,” kata Hadi Tjahjanto.

Lebih lanjut, Hadi menyebutkan bahwa Pulau Jawa memiliki jumlah pemilih terbesar, mencapai lebih dari separuh daftar pemilih tetap (DPT) nasional.

Dengan kondisi ini menurutnya, dinamika dan tantangan tersendiri diprediksi akan muncul.

Sehingga, Hadi juga menginstruksikan jajaran aparat penegak hukum (TNI/Polri) juga untuk memberikan dukungan keamanan serta menjaga netralitas.

Hadi menekankan setiap lembaga pemerintah dan penyelenggara pemilihan harus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“KPU beserta pengawas, yaitu Bawaslu, kemudian DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) dan lembaga non-Bawaslu harus on the track,” pungkasnya.

Diketahui, Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada 2024 tersebut dihadiri oleh para Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) Kapolres dan Dandim se-Pulau Jawa.

Sedangkan narasumber yang hadir  mulai dari Kemendagri, Kapolri, Panglima TNI Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, dan kepala BSSN.

(Herdi/PasundanNews.com)