Kepala DPRKPLH (Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) Kabupaten Ciamis, Okta Jabal Nugraha. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Hari Sungai Nasional (HSN) diperingati setiap tanggal 27 Juli setiap tahunnya.

Ada pesan penting yang disampaikan Kepala DPRKPLH (Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) Ciamis, Okta Jabal Nugraha pada momentum ini.

Okta mengatakan, peringatan HSN ini sebagai refleksi bagi seluruh masyarakat untuk peduli terhadap kehidupan sungai.

“Sungai ini merupakan sendi kehidupan yang penting bagi kita,” ujarnya dalam acara peringatan HSN di area Sungai Cimuntur, Winduraja, Kawali Ciamis, Selasa (30/7/2024).

Pada acara ini, DPRKPLH Ciamis melibatkan berbagai komunitas peduli sungai (KPS) dan lingkungan di  Kabupaten Ciamis.

Menurut Okta, peringatan HSN ini menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan sungai sebagai sumber kehidupan.

“Kami juga mengapresiasi kepada seluruh komunitas yang berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai di Ciamis,” ucapnya.

Okta menyebutkan bahwa air sangat penting untuk kehidupan mahkluk hidup dimuka bumi. Mulai dari kebutuhan dasar seperti irigasi hingga kebutuhan sekunder lainnya.

“Air merupakan mata sumber yang dialiri melalui sungai. Jika kita tidak menjaga dan melestarikannya, sungai tidak akan bisa dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Okta pun mengajak masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan sungai khususnya yang ada wilayah kabupaten Ciamis.

“Mudah-mudahan ke depannya pengelolaan lingkungan hidup akan lebih baik, mulai dari indeks kualitas air hingga pengelolaan garam,” ucapnya.

Pada kegiatan ini, DPRKPLH menyerahkan ratusan bibit pohon kepada 15 KPS untuk kemudian ditanam pada sepanjang garis sempadan sungai.

(Hendri/PasundanNews.com)