Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pepatah Manis atau singkatan dari Pelayanan Terpadu untuk Masyarakat Ciamis berlangsung pada Rabu (26/6/2024).

Dalam hal ini, Pemkab Ciamis menyelenggarakan pepatah manis dengan turut menerjunkan sebanyak 29 UPP (Unit Pelayanan Publik).

Kegiatan yang bertempat di Lapang Sukakerta, Kecamatan Panumbangan ini sebagai upaya memberikan akses yang lebih luas.

Tujuannya yaitu untuk memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan terjangkau bagi warga Tatar Galuh Ciamis.

Diketahui, dari 29 UPP tersebut yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas PMPTSP, BPKD, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Bapenda, Bank BJB dan lainnya.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna menyampaikan bahwa Pemkab Ciamis selalu berupaya untuk memberikan pelayanan publik terbaik.

“Terlebih kepada masyarakat, dengan salah satunya melalui program kegiatan pepatah manis ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pepatah manis merupakan salah satu inovasi dalam upaya pemberian pelayanan jemput bola kepada masyarakat.

Pelayanan Dilakukan Secara Terpadu dan Kolaboratif 

Pelayanan dilakukan secara terpadu kolaboratif dan berkala yang melibatkan UPP Pemerintah maupun instansi vertikal.

“Dengan kegiatan seperti ini kita telah meraih capaian positif dalam indikator pelayanan publik. Dimana pada tahun 2023 berada pada zona hijau dengan kategori A kualitas tertinggi,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Engkus, indeks pelayanan publik kabupaten Ciamis pada tahun 2023 memperoleh predikat baik.

Ia menjelaskan penilaian dari Ombudsman RI dan Kemenpan RB tersebut sejalan dengan penilaian secara langsung dari masyarakat, yaitu capaian indeks kepuasan masyarakat memperoleh predikat baik.

“Dengan diraihnya pencapaian ini bukan berarti bahwa pelayanan kepada masyarakat sudah selesai. Melainkan jadi tantangan bagi Pemkab Ciamis untuk terus berinovasi, seperti halnya kegiatan pepatah manis ini,” tutur Engkus.

Selain pepatah manis, dalam kesempatan tersebut juga Pemkab Ciamis menggelar OPM (Operasi Pasar Murah) sebagai salah satu aksi nyata Pemerintah Daerah.

Dalam hal mengendalikan inflasi dengan menyediakan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau serta berkualitas bagi masyarakat.

“Berbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Ciamis dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi,” katanya.

Dalam rangka menjaga inflasi di hari besar keagamaan nasional Idul Adha 1445 Hijriah dan peringatan Hari Jadi Ciamis ke-382 OPM ini dilaksanakan bergilir di 5 Kecamatan.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakCapacity Building Jabar Caang, Upaya Tingkatkan Wawasan Kepala OPD dan Dirut BUMD
Artikulli tjetërKenaikan IDM tahun 2024 sebagai Kado Terindah Hari Jadi Ciamis ke-382