Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna (tengah), Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana (kiri) dan Kepala DPTKPLH (kanan) saat mengikuti wawancara Penilaian Nirwasita Tantra di Ruang Vidcon Bupati. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Penilaian Nirwasita Tantra berlangsung pada Jumat (14/6/2024) bertempat di Ruang Vidcon Bupati.

Diketahui, salah satu proses penilaian tersebut adalah wawancara Kepala Daerah dan Ketua DPRD dengan Tim Panelis Nirwasita Tantra.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna beserta Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana mengikuti wawancara penilaian Nirwasita Tantra secara virtual.

Kemudian turut mendampingi, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH), Okta Jabal Nugraha.

Wawancara ini merupakan pendalaman dari laporan atas menjelaskan isu prioritas permasalahan dan inovasi yang dikembangkan Pemda.

Tentunya berdasarkan laporan Dokumen Informasi Kinerja Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD).

Serta respon DPRD terkait tugas utamanya (pengawasan, anggaran, legislasi) terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah.

Nirwasita Tantra yaitu penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan.

Kebijakan tersebut tentang program kerja sesuai dengan prinsip metodelogi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Baca Juga : Peringati Hari Lingkungan Hidup, HMI Ciamis Gandeng DPRKPLH Adakan Kajian Pengelolaan Sampah 

Pj Bupati Sampaikan 16 Inovasi Tentang Lingkungan Hidup 

Dalam wawancara tersebut, Engkus menyampaikan Informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup Kabupaten Ciamis.

Kemudian memberikan gambaran dan acuan kebijakan serta perencanaan Pemda dalam menentukan prioritas pembangunan sesuai prinsip pengelolaan lingkungan hidup.

“Dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup ini, ada 16 inovasi tentang isu kualitas persampahan dan kebencanaan yang berkaitan dengan permasalahan 3 isu pengelolaan lingkungan hidup daerah,” jelasnya.

Ia menjelaskan, salah satunya yaitu Pemanfaatan kotoran ternak kambing menjadi sumber energi dan pupuk serta gerakan tanam dan pelihara pohon (GTPP).

Kemudian keberadaan bank sampah di Kabupaten Ciamis yang saat ini sudah merata ada di setiap desa maupun kelurahan.

Engkus menyebutkan, inovasi tersebut telah mendapat pengakuan dengan memperoleh penghargaan Adipura Kencana dari KLJK RI.

Sementara itu, ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana mengatakan, pihaknya secara regulatif melakukan  pengawasan terhadap segala program dan kebijakan yang Pemkab gulirkan.

“Sepeti inovasi program di bidang lingkungan hidup, dengan berbagai terobosan itu kami sangat apresiasi, terlebih Ciamis mengajar adipura kencana,” ujarnya.

Ia pun menyatakan komitmennya dengan bersama-sama pemerintah dan DPRD untuk terus meningkatkan program tersebut.

“Mendorong segala program LH terutama pada pencemaran air, persampahan, pengolahan sampah menjadi energi dan bekerjasama dengan semua pihak” ucapnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKPU Kota Banjar Gelar Media Gathering Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024
Artikulli tjetërDPRD Ciamis gelar Rapat Paripurna, Dua Agenda Krusial Jadi Fokus Pembahasan