Ilustrasi pendaftaran CPNS 2024. Foto/Istimewa

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Pendaftaran CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2014 diperpanjang hingga 10 September 2024.

Hal tersebut sebagaimana dalam keterangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Untuk diketahui, perpanjangnya ini dilakukan karena banyak pendaftar yang terkendala e-meterai.

Semula pendaftaran CPNS 2024 akan ditutup pada 6 September 2024.

“Perpanjangan waktu pendaftaran hingga 10 September 2024, sesuai dengan Surat Kepala BKN 5419/B-KS.04.01 SD/K/2024 tentang Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS TA 2024,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar, Sumasna, Jumat (6/9/2024).

Ia juga menyarankan masyarakat agar tidak mendaftar mendekati akhir batas waktu, demi kelancaran proses pendaftaran itu sendiri.

Untuk diketahui bahwa surat edaran dari BKN terkait perpanjangan pendaftaran CPNS 2024 itu sudah diinformasikan kepada jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jabar.

“Kita sudah sampaikan ke perangkat daerah, untuk yang komplain ke teman-teman perangkat daerah, bisa menginformasikan terkait adanya perpanjangan pendaftaran tersebut,” paparnya.

E-Materai Jadi Kemadala para Pelamar CPNS 2024 

Menurut Sumasna, sejak proses pendaftaran CPNS 2024 dibuka, sebenarnya tidak ada permasalahan berarti, yang menghambat para pendaftar.

Hanya sampai hari ini yang menjadi kendala itu, cuma e-meterai, sementara hal-hal lain tidak ada masalah.

“Harapan kita tentunya hal-hal sesederhana e-meterai, bisa tetap terkelola,” ujarnya.

Sumasna menambahkan, berdasarkan data BKD Jabar, hingga Kamis, 5 September sudah ada sekitar 17 ribu lebih masyarakat yang mendaftar.

Tapi tidak otomatis melengkapi persyaratan, mungkin setengahnya yang sudah melengkapi persyaratan dari jumlah 17 ribu yang telah mendaftar tersebut.

Sebelumnya, BKD Jabar menerima banyak aduan terkait masalah e-meterai yang menjadi salah satu syarat pendaftaran CPNS 2024.

“Yang mengadukan soal ini ke kami banyak, terutama pelamar yang antrian ke belakang. Kami terus berkoordinasi dengan Peruri dan BKN, untuk mencarikan solusi terkait persoalan ini,” tandasnya.

Sebagai informasi, Pemprov Jabar membuka 899 formasi CPNS Jabar 2024 untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis lain.

Formasi 899 orang untuk kebutuhan tenaga kesehatan sebanyak 146 orang, sementara selebihnya adalah tenaga teknis yang ditempatkan pada berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jabar.

(Herdi/PasundanNews.com)