Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024 yang ke-14 kalinya.

Prestasi gemilang ini berhasil diraih Pemkab Ciamis dalam bidang transportasi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Penghargaan diterima oleh Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis, Dadang Mulyatna, pada Sabtu, (7/9/2024) di Ballroom Jakarta Internasional Expo (JIE) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kepala Dishub Ciamis, Dadang Mulyatna mengatakan penghargaan WTN ini merupakan penghargaan yang diberikan Kemenhub-RI kepada kabupaten/kota atau provinsi.

Terlebih kepada mereka yang berhasil menyelenggarakan sistem transportasi perkotaan yang tertib, aman, lancar, dan berkelanjutan.

“Indonesia memiliki 416 kabupaten dan 98 kota. Alhamdulillah Kabupaten Ciamis merupakan salah satu penerima penghargaan dari 102 kabupaten/kota yang ikut serta dalam penilaian WTN ini,” ucapnya.

Ia menuturkan, penilaian WTN tersebut dilaksanakan secara bertahap. Tahun 2023, merupakan pengusulan calon peserta, penilaian administrasi, dan survey lokasi.

Kemudian pada 2024, yaitu tahap penilaian hasil survey, aspek teknis dan operasional dan komitmen kepala daerah dalam upaya pengembangan transportasi perkotaan melalui paparan kepala daerah.

Dalam proses penilaiannya, Kabupaten Ciamis berhasil unggul di berbagai bidang, termasuk pengelolaan lalu lintas, pelayanan angkutan umum, sarana prasarana transportasi darat, dan inovasi transportasi berkelanjutan.

“Alhamdulillah Kabupaten Ciamis mampu memenuhi semua kriteria, seperti pengelolaan ruas jalan, fasilitas pejalan kaki, dan integrasi moda transportasi,” jelasnya.

Dadang menambahkan bahwa penghargaan WTN 2024 ini bukan sekadar tujuan akhir, melainkan motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan transportasi.

“Dengan penghargaan ini, kami berkomitmen untuk memberikan transportasi yang lebih aman, nyaman, dan berkelanjutan bagi seluruh warga Ciamis,” lanjutnya.

Penghargaan ini menjadi simbol dedikasi Kabupaten Ciamis dalam menciptakan transportasi perkotaan yang modern dan ramah lingkungan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini, serta dukungan penuh dari masyarakat Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Pemkab Ciamis Raih Prestasi atas Kerjasama yang Baik

Pemkab Ciamis, menurut Dadang, bisa menorehkan prestasi tersebut atas kerjasama yang baik antar OPD di Kabupaten Ciamis.

Ia berharap, semoga menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia untuk terus berinovasi dalam menciptakan sistem transportasi yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Penghargaan WTN 2024 ini, bukan tujuan utama, namun yang paling penting adalah kinerja pelayanan bidang perhubungan terhadap masyarakat,” paparnya.

Ia mengatakan, dengan pencapaian ini, Kabupaten Ciamis terus berkomitmen untuk menjaga kualitas transportasi demi kesejahteraan masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi atas raihan penghargaan WTN tahun 2024,” ungkapnya.

Hal ini berkat kontribusi semua pihak, lanjut Dadang, terutama arahan dan bimbingan dari Bupati Ciamis.

“Kemudian juga sinergitas antara Dishub, Polres Ciamis, Dinas PUPTP, BAPPEDA, Dinkes, lembaga, dan para insan perhubungan serta masyarakat Kabupaten Ciamis,” tandasnya.

(Hendri/PasundanNews.com)