Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna menerima penghargaan dari FKDT Jawa barat di acara pembukaan Porsadin di Kabupaten Tasikmalaya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kafilah Kabupaten Ciamis ikut memeriahkan pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke-VII Jawa Barat.

Acara pembukaan berlangsung pada Jumat (23/8/2024) malam, bertempat di lapang kantor Bupati Kabupaten Tasikmalaya.

Pembukaan berlangsung meriah diawali dengan parade dari para kafilah yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat, termasuk kafilah Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Pj Bupati Ciamis, H Engkus Sutisna didampingi Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis.

Kepala Bidang PD Pontren Kemenag Jawa Barat, Ahmad Patoni mengatakan, Porsadin ini bertujuan menggali dan mengembangkan potensi santri MDT melalui bakat dan minat mereka.

Kemudian, membangun dan meningkatkan ukhuwah islamiah dalam wadah silaturahmi antar santri madrasah diniyah.

“Porsadin juga memperkuat peran, fungsi, dan posisi organisasi FKDT sebagai wadah Ikatan silaturrahim MDT. Ikut membangun SDM yang bertakwa, sehat, kuat dan tangguh jasmani dan rohaninya, berkualitas serta berdaya saing,” kata Ahmad Patoni.

Adapun cabang lomba yang akan dilaksanakan pada yaitu, tahfidz Juz Amma, MQK Safinatunnaja, cerdas cermat diniyah.

Kemudian, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, MTQ, murotal wal imla’, kaligrafi, puisi islami, lari sprint 100 dan 80 meter.

Selanjutnya, bulu tangkis single dan double, tenis meja single dan double, catur cepat, serta MQK.

Apresiasi terhadap gelaran pembukaan Porsadin juga disampaikan Direktur PD Pontren Kemenag RI Basnang Said.

“Pembukaan kegiatan ini berlangsung sangat spektakuler, saya merasa gelaran ini meriahnya sudah setingkat Nasional” ujarnya.

Ia menyebutkan, Porsadin merupakan kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung sehingga pihaknya mendukung atas kegiatan yang dilaksanakan oleh FKDT.

“Kita berharap FKDT di Provinsi dan Kabupaten/Kota lain bisa melihat ke Jabar khususnya Tasikmalaya menjadikan organisasi yang terdepan dalam memajukan pendidikan di Indonesia” ucapnya.

Pemkab Ciamis Terima Penghargaan dari FKDT Jawa Barat 

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto menyambut hangat kedatangan para peserta porsadin.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang sudah mencurahkan tenaga pikiran dan hartanya untuk kegiatan tersebut.

“Semoga dengan adanya Porsadin ini menjadikan penyemangat bagi anak-anak didik kita” ujarnya.

Dalam acara pembukaan tersebut juga ada pemberian penghargaan kepada bupati/walikota yang memberikan perhatian lebih untuk para guru Diniyah.

Salah satunya diberikan kepada Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna yang diserahkan langsung oleh DPW FKDT Jawa Barat.

Penghargaan tersebut merupakan buah hasil dari Pemkab Ciamis dalam memberikan atensi dan Kontribusinya terhadap MDTPembukaan Porsadin ke-VII, Pemkab Ciamis Terima Penghargaan dari FKDT Jawa Barat

(Hendri/PasundanNews.com)