PASUNDAN NEWS – Tokoh koperasi dan nelayan, Ono Surono menerima anugerah detikJabar Awards untuk kategori Penggerak Ekonomi Kerakyatan.

Dedikasinya menjadi tokoh koperasi bagi para nelayan membuat Ono layak diganjar penghargaan ini.

Pemberian piala diserahkan oleh Manager Regional detikcom Triyono Wahyu Subidjo langsung kepada Ono Surono.

“Alhamdulillah bahagia, ini apresiasi bagi saya,” ucap Ono usai menerima penghargaan.

Bagi Ono, penghargaan dari detikJabar membuatnya lebih terinspirasi untuk tidak meninggalkan apa yang sudah dilakukannya sejak kecil, yakni menjadi tokoh koperasi dan perikanan.

“Ini menginsipirasi saya, saya tidak akan lepas dari dunia yang membesarkan saya yaitu koperasi,” ujarnya.

Ono Surono begitu dekat dengan gerakan koperasi dan perikanan.

Walau lulusan Teknik Arsitektur, Ono Surono menghabiskan hidupnya dalam lingkungan koperasi dan perikanan.

Dia pernah didapuk menjadi Ketua Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) Mina Laksana Mukti Jawa Barat, Ketua Induk Koperasi Perikanan Indonesia (IKPI) dan kini menjadi penasehat di Induk Koperasi Perikanan Indonesia dan Dekopin Pusat.

Anggota Komisi IV DPR RI ini mampu menjadikan Koperasi Perikanan Laut Mina Sumitra Indramayu menjadi koperasi perikanan dengan omset usaha.

Secara angka, dulu omzet koperasi tersebut hanya Rp 100 miliaran, namun setelah masuknya Ono selama 5 tahun, naik menjadi Rp 450 miliar.

detikJabar Awards 2024 adalah sebuah ajang penghargaan untuk figur, komunitas dan program di Jawa Barat yang inspiratif, inovatif, kreatif serta berprestasi dan memberikan dampak pada masyarakat di Jawa Barat.

Total ada 23 penerima penghargaan yang terbagi ke dalam 5 kategori anugerah di detikJabar Awards 2024, yakni Anugerah Figur Akselerator Kemajuan, Anugerah Inovasi Pembangunan Terpuji, Anugerah Program Ekonomi Terpuji, Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan, dan penghargaan pengabdian seumur hidup yakni Anugerah Adiluhung.

Pemberian anugerah ini akan dihadiri sejumlah tamu undangan. Seperti Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin yang diwakili Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman, para tokoh pemerintah, tokoh masyarakat, dan pelaku usaha di Jawa Barat.