Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin. Foto/Istimewa

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – KPU Pangandaran memberikan klarifikasi terkait dugaan kesalahan cetak pada alat peraga sosialisasi berupa poster pasangan calon peserta pemilihan.

Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, memastikan bahwa  kesalahan tersebut bukan unsur kesengajaan dan sudah dilakukan perbaikan dengan mencetak ulang poster yang salah.

“Kesalahan cetak tersebut kami pastikan bukan karena unsur kesengajaan. Kami telah memperbaikinya dengan melakukan cetak ulang, dan poster yang salah sudah ditarik serta dimusnahkan,” kata Muhtadin, pada Sabtu (12/10/2024)

Baca Juga : KPU Pangandaran Salah Cetak Flyer Paslon Citra-Ino, Tim Sukses : Kami Keberatan 

Muhtadin menjelaskan, kesalahan ini terjadi saat proses pengeditan desain poster. Kata-kata dalam visi salah satu paslon hilang dari rangkaian kata pada tahap akhir sebelum pencetakan.

“Kami telah menelusuri sumber kesalahannya. Ternyata terjadi saat proses pengeditan menjelang cetak. Setelah ditemukan, kami segera memperbaikinya, mencetak ulang, dan mendistribusikannya kembali,” tuturnya.

Muhtadin menyebutkan, pihaknya juga mencetak berbagai alat peraga sosialisasi seperti pamflet, selebaran, brosur, dan poster.

Semua alat peraga tersebut digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pemilihan umum kepala daerah 2024.

“Semua bahan sosialisasi yang dicetak oleh KPU, termasuk selebaran, brosur, pamflet, dan poster, merupakan sarana untuk memberikan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat,” jelas Muhtadin.

Muhtadin juga menegaskan bahwa kesalahan ini menjadi evaluasi bagi KPU Pangandaran.

Ia memastikan bahwa integritas dan netralitas KPU tetap terjaga dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2024.

“Kejadian ini menjadi bahan evaluasi bagi kami. Kami pastikan netralitas dan integritas KPU tetap terjaga. Mari kita sukseskan Pilkada 2024 sebagai sarana edukasi dan wisata politik demokrasi,” pungkasnya.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)