KPU Kabupaten Pangandaran menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan melibatkan organisasi kemasyarakatan (ormas). Foto/Deni Rudini.PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – KPU Kabupaten Pangandaran menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan melibatkan organisasi kemasyarakatan (ormas), Jumat (18/10/2024).

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin, mengatakan, ormas memiliki peran strategis dalam Pilkada karena menjadi wadah masyarakat dari berbagai latar belakang ideologi maupun profesi.

Ia mengungkapkan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

“Kami berharap ormas-ormas ini mendapatkan informasi yang lengkap sehingga dapat menyebarkannya kepada anggota dan masyarakat luas,” ujarnya

Menurutnya, keterlibatan ormas ini sangat penting untuk bersama menjaga kondusivitas dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung.

“Bersama-sama menciptakan iklim demokrasi yang menyejukkan di Pangandaran,” ungkapnya.

Selain ormas, KPU Pangandaran juga menargetkan kelompok perempuan, organisasi kepemudaan, pondok pesantren, sekolah, nelayan, petani, dan penyandang disabilitas.

Muhtadin menegaskan, seluruh kelompok masyarakat harus mendapatkan pemahaman yang sama tentang tahapan dan tujuan Pemilu.

“Tujuannya agar partisipasi mereka berdasarkan kesadaran konstitusional, bukan karena iming-iming atau tekanan tertentu,” tegas Muhtadin

Ia menyebutkan, terkait pemasaran alat peraga kampanye (APK) dilingkungan ormas, pihaknya menyerahkan hal tersebut kepada ormas masing-masing.

Menurutnya, mereka memiliki hak politik dan afiliasi dengan pasangan calon tertentu.

Namun, KPU menekankan pentingnya memberikan edukasi kepada ormas agar dapat berperan aktif dalam menyampaikan informasi Pilkada secara objektif dan menolak praktik politik uang.

“Dengan kerja sama ini, kami berharap masyarakat Pangandaran semakin sadar akan hak dan kewajiban politiknya dan dapat berpartisipasi secara jujur dan adil dalam Pilkada,” pungkasnya.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)