Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar saat menyelenggarakan Media Gathering bersama Forum Jurnalis KPU Kota Banjar di salah satu hotel di Kota Tasikmalaya. Foto/Hermanto.PasundanMews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – KPU Kota Banjar menggelar Media Gathering bersama Forum Jurnalis Kota Banjar di salah satu hotel di Tasikmalaya.

Acara ini berlangsung selama dua hari yakni Jumat-Sabtu (14-15 Juni 2024) dan diikuti oleh 22 wartawan dari media cetak, online, dan elektronik.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan hubungan antara KPU dan media serta memberikan pemahaman mengenai tahapan dan jadwal pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis mengatakan, bahwa pentingnya peran media dalam menyukseskan pemilihan umum.

Menurutnya, jurnalis merupakan mitra penting bagi KPU dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Media memiliki peran vital dalam menyebarkan informasi yang akurat dan edukatif kepada masyarakat, khususnya tentang proses dan tahapan pemilu yang akan datang,” ujarnya.

“Tujuan utama dari Media Gathering ini adalah untuk mensosialisasikan Peraturan KPU No. 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur/ Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, serta Walikota/Wakil Walikota tahun 2024,” kata Mukhlis.

Peran Penting Media dan Proses Demokrasi 

Mukhlis juga menekankan pentingnya peran media dalam mendukung proses demokrasi yang transparan dan akuntabel.

“Media memiliki peran strategis dalam mengedukasi masyarakat mengenai proses Pilkada, sehingga pemilih dapat menggunakan hak suaranya dengan bijak,” katanya.

Acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab yang interaktif, dimana para jurnalis berkesempatan untuk mengajukan berbagai pertanyaan terkait tahapan Pilkada 2024.

Di akhir acara, Mukhlis kembali menyampaikan apresiasinya kepada para jurnalis yang telah berpartisipasi aktif dalam Media Gathering ini.

“Kami berharap kerjasama antara KPU dan media dapat terus terjalin, demi suksesnya Pilkada 2024,” kata Mukhlis.

Dalam kegiatan ini, para jurnalis juga mendapatkan materi tambahan dari salah satu narasumber yakni Aditya Tri Wahyudi (wartawan tvOne).

Aditya memaparkan mengenai etika jurnalistik dalam meliput berita pada pemilihan kepala daerah.

Selain itu juga tentang teknik-teknik penulisan berita yang efektif. Ia berharap materi ini dapat meningkatkan kualitas pemberitaan di Pilkada 2024.

Sementara itu narasumber lainnya, Nina Yuningsih, dari DKPP menyampaikan pembahasan tentang peran media dalam membangun kualitas demokrasi.

Kegiatan Media Gathering ini turut dihadiri oleh seluruh jajaran komisioner KPU Kota Banjar,

(HermantolPasundanNews.com)

Artikulli paraprakPercepat Penanganan Sampah di Jembatan Babakan Sapan Batujajar, Pemprov Jabar Terjunkan Alat Berat
Artikulli tjetërPenilaian Nirwasita Tantra, Pj Bupati Ciamis dan Ketua DPRD Ikuti Wawancara, Sampaikan Inovasi Tentang Lingkungan Hidup