Panwascam Baregbeg Kabupaten Ciamis launching kampung pengawasan partisipatif di Desa Mekarjaya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kentongan menjadi ikon Kampung Pengawasan Partisipatif di Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

Hal itu ditandai dengan peluncuran kampung pengawasan partisipatif pada Pilkada Serentak 2024 yang berlangsung di Dusun Pasirdatar, Desa Mekarjaya, Sabtu (20/7/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari  kecamatan Baregbeg, Kepala Desa Mekarjaya, TNI/Polri, Kadus Pasirdatar, tokoh masyarakat serta wrga setempat.

Kades Mekarjaya, Elan Kuswaya mengatakan, pihaknya merasa terhormat karena desanya dinobatkan sebagai kampung pengawasan partisipatif.

Ia mengungkapkan bahwa hal ini menjadi tanggungjawab semua masyarakat Mekarjaya karena harus lebih aktif dalam mengawal pemilihan serentak 2024.

“Saya sangat merasa terhormat, karena Bawaslu melalui Panwascam telah memilih kami sebagai kampung pengawasan partisipatif. Ini merupakan dorongan untuk lebih meningkatkan keaktifan dalam mengawasi Pilkada 2024,” ungkapnya.

Elan menyebutkan, dipilihnya kentongan sebagai ikon kampung pengawasan karena benda tersebut sangat melekat dengan masyarakat, terutama sebagai alat menyebarkan informasi.

“Kami bersama Bawaslu dan Panwascam, Camat, unsur TNI/ Polri, kades, kadus, ketua RW dan RT secara serentak memukul kentungan. Sebagai simbol siap mengawal pilkada yang kondusif,” katanya.

Hal senada disampaikan Ketua Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) Baregbeg, Derry Ridwan Maosul.

Ia mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat menginspirasi kampung lainnya untuk berpartisipasi mengawasi proses tahapan pilkada.

“Kami berharap masyarakat kampung Pasirdatar dapat terlibat aktif mengawasi pilkada tahun ini. Kemudian bisa menularkan semangat pengawasan kepada masyarakat lain”

Derry pun menyampaikan terimakasih kepada stakeholder setempat atas partisipasi dan segala sambutan yang telah diberikan.

“Atas nama keluarga besar bawaslu, kami mengucapkan terimakasih. Kami diberikan makanan khas Kampung Pasirdatar. Colok Gemrungnya sangat enak,” pungkas Derry.

(Hendri/PasundanNews.com)