Kelompok Perikanan Tirta Mandiri menerima bantuan benih ikan dari DKPKP (Dinas Kelautan, Perikan dan Ketahanan Pangan) Kabupaten Pangandaran. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Kelompok Perikanan Tirta Mandiri menerima bantuan dari DKPKP (Dinas Kelautan, Perikan dan Ketahanan Pangan) Kabupaten Pangandaran.

Bantuan tersebut berupa benih ikan, pakan dan mesin pompa yang diserahkan kepada kelompok yang telah berdiri sejak 11 tahun tepatnya pada tahun 2013.

Diketahui, Kelompok Perikanan Tirta Mandiri sendiri berada di Dusun Ciparakan, RT 03/RW 01, Desa Ciparakan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

“Alhamdulillah 11 tahun berdiri baru mendapatkan bantuan dari DKPKP Pangandaran tahun 2024 ini,” kata Ketua Kelompok Tirta Mandiri Dirman saat ditemui di kediamannya, Minggu (25/8/2024).

Ia menyebutkan, pihaknya tak menyangka bahwa kelompok nya akan mendapatkan bantuan yang sangat besar. Jika dikonversi ke nominal, bisa mencapai angka puluhan juta.

“Kalau dirupiahkan itu perkiraan Rp 60 jutaan kurang lebihnya,” ucap Dirman.

Menurutnya, selain mendapatkan 10.000 bibit Ikan Nila dari DKPKP Pangandaran, pihaknya pun turut mendapatkan sarana penunjang bagi kelompoknya.

“Seperti motor roda tiga, dua unit mesin pompa air. Kemudian 2,7 ton pakan apung,” terangnya.

Dirman berharap dengan adanya bantuan dari pemerintah ini dapat dimanfaatkan dan berkembang juga, serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya ingin masyarakat juga ikut merasakan dengan hadirnya kelompok ini. Bukan hanya dirasakan oleh anggota kelompok saja,” jelasnya.

Terakhir, mewakili Kelompok Perikanan Tirta Mandiri, Dirman turut menyampaikan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan kepada kelompoknya.

“Terimakasih banyak DKPKP Kabupaten Pangandaran. Terutama penyuluh perikanan yang telah membimbing kami,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Penyuluh Perikanan Kabupaten Pangandaran, Andris Sukmawan menyampaikan bahwa dengan adanya bantuan dari pemerintah ini, kelompok bisa memanfaatkannya dengan baik.

“Semoga Tirta Mandiri bisa maju dan lebih berkembang usaha kelompoknya. Agar dapat menopang kesejahteraan bagi keluarga dan masyarakat,” imbuh Andri.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)