PASUNDAN NEWS – Panwaslu kecamatan cileunyi Kabupaten Bandung adakan Forum Warga dalam rangka pelaksanaan Pengawasan Partisipatif pada Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 Pada hari Jum’at (19/7/2024) bertempat di Aula Pondok Pesantren Bustanul Wildan Kecamatan Cileunyi .

Panwaslu kecamatan cileunyi menggandeng organisasi masyarakat Islam di kecamatan cileunyi untuk bersama sama melakukan pengawasan partisipatif jelang pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Forum warga sebagai media untuk mensosialisasikan pengawasan pemilu/pemilihan kepada kelompok masyarakat bertujuan untuk mendorong tingginya partisipasi semua elemen masyarakat mengawasi proses tahapan pilkada serentak tahun 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Cileunyi Cucu Endang, S.Sn., M.Ak., Rosyid, S.Pd,M.M Kasitrantib kecamatan cileunyi, Wakapolsek Cileunyi Bapak Saep,Ketua Panwaslu Kecamatan Cileunyi, Muhammad Husni Rijal juga Anggota Panwaslu Kecamatan Cileunyi Dawam Multazam dan Ilham Panji, dan juga Ketua PPK Cileunyi Rasyikul Khair.

Dalam sambutannya ketua PPK Cileunyi menyampaikan untuk seluruh masyarakat yang ada di kecamatan cileunyi andil berpartisipasi mensukseskan pilkada pada tanggal 27 November 2024.

Saep selaku Wakapolsek Cileunyi dalam sambutannya menyampaikan mendukung kegiatan forum warga yang ada dilaksanakan oleh panwaslu kecamatan cileunyi. Wakapolsek Cileunyi menitipkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban, berharap pilkada berjalan aman dan damai.

Camat cileunyi menyampaikan dalam sambutannya mengapresiasi forum warga pengawasan partisipatif, berharap pilkada yang akan di laksanakan pada tanggal 27 November 2024 aman,lancar, tertib dan terkendali. Camat cileunyi berharap masyarakat membantu mensosialisasikan berpartisipasi aktif untuk memberikan hak pilihnya pada tanggal 27 November 2024. Dan juga berharap masyarakat berpartisipasi aktif mengawal proses penyelenggaraan pilkada tahun 2024.

Dalam sambutannya Muhammad Husni Rijal selaku ketua panwaslu kecamatan cileunyi menyampaikan “forum warga sebagai salahsatu model dalam meningkatkan pengawasan partisipasi masyarakat untuk mengawal penyelenggaraan pemilu/pemilihan adalah wujud pelaksanaan perundang-undangan. Melalui pendidikan pengawasan pemilu/pemilihan, diharapkan anggota dalam forum warga memiliki karakter sebagai pengawas pemilu/pemilihan.

Pengawasan partisipatif harus melibatkan peran aktif masyarakat dalam mengawasi jalannya proses pemilihan kepala daerah, sehingga dapat mencegah terjadinya pelanggaran dan kecurangan”

Muhammad Husni Rijal selaku ketua panwaslu kecamatan cileunyi juga mengajak kepada ormas Islam Pemuda NU, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Persis perwakilan ormas Islam yang notabene sebagai organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia yang hadir pada kegiatan forum warga ini untuk melaporkan ketika menemukan adanya dugaan pelanggaran. Terkhusus di tahapan yang hari ini sedang berjalan yaitu Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih.

Kegiatan tersebut tidak hanya edukasi dan sosialisasi tentang pengawasan partisipatif masyarakat menghadapi pilkada tahun 2024, Namun Panwaslu Kecamatan Cileunyi juga melakukan kerja sama penandatanganan MoU bersama Organisasi Masyarakat Islam Se-Kecamatan Cileunyi , sebagai bentuk komitmen bersama dalam melakukan pengawasan guna mewujudkan pilkada yang aman, damai,bersih, jujur, dan adil di Kabupaten Bandung.***