Pj Walikota Banjar, Ida Wahida Hidayati (kerudung hijau) tengah melakukan gunting pita sebagai simbol peresmian bedah rumah Jabar Bergerakdi Lingkungan Sukarame RT 01/25, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Program bedah rumah milik Suhanah (73), seorang jompo yang mengurus cucunya yang masih kecil dan yatim piatu, diresmikan pada Jumat (30/8/2024) di Lingkungan Sukarame RT 01/25, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat.

Peresmian tersebut ditandai dengan gunting pita oleh Pj Walikota Banjar, Ida Wahida Hidayati, sebagai simbolis selesainya pembangunan rumah yang memakan waktu selama 25 hari.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Sekda Kota Banjar, Soni Horison, Kapolres Banjar, Baznas Jawa Barat dan Banjar, pejabat OPD Kota Banjar, Karang Taruna, Pramuka, tokoh masyarakat, agama, dan pemuda.

Rutilahu Jadi Program Tahunan Jabar Bergerak 

Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar, Ari Faturahman mengatakan, bedah rumah seperti ini sudah menjadi program tahunan.

Pembangunan ini merupakan kolaborasi antara Jabar Bergerak Kota Banjar, Baznas Jawa Barat, Pramuka, dan Pemerintah Kota Banjar.

“Setiap tahun pasti ada bedah rumah. Ini sudah yang kelima kali kami melakukannya dengan kolaborasi berbagai pihak,” ujar Ari.

Ari menambahkan bahwa Jabar Bergerak Kota Banjar memiliki program JAMU PERKASA yang berfokus pada pemberian bantuan sosial.

Selain renovasi rumah, program ini juga memberikan perabotan rumah tangga lengkap kepada Suhanah, memastikan kebutuhan dasarnya terpenuhi.

“Ibu Suhanah tidak hanya mendapatkan rumah baru, tetapi juga perabotan untuk mengisinya, berkat kolaborasi dan dukungan dari para Agnia,” ungkap Ari.

Wakil Ketua Umum Jabar Bergerak Jawa Barat, Neneng Hayati, didampingi Ketua Bidang Sosial Jabar Bergerak Provinsi Jawa Barat, Dra. Richa Ratna, juga turut memberikan apresiasi atas kerja sama ini.

“Kami berterima kasih atas kolaborasi yang luar biasa ini. Semoga program ini dapat terus membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata Neneng.

Pj Walikota Banjar, Ida Wahida Hidayati, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan program ini.

“Saya yakin, ibu Suhanah adalah orang solehah, dan semoga rumah baru ini membawa berkah bagi beliau dan cucunya,” ucap Ida Wahida Hidayati.

Suhanah, dalam ungkapan terima kasihnya, menyampaikan rasa harunya.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Semoga kebaikan kalian semua dibalas oleh Allah SWT,” tuturnya.

(Hermanto/PasundanNews.com)