Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI ke-79 tingkat Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemkab Ciamis menggelar upacara memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Republik Indonesia ke-79.

Upacara bendera tersebut berlangsung pada Sabtu (17/8/2024) di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Pj (Penjabat) Bupati Ciamis, Engkus Sutisna.

Acara tersebut sebagai momen penting untuk merayakan kemerdekaan dan memperkuat semangat persatuan di kalangan masyarakat.

Turut hadir para pejabat pemerintah daerah, anggota TNI/Polri, serta perwakilan dari berbagai organisasi kemasyarakatan.

Kehadiran berbagai pihak ini menandakan betapa pentingnya perayaan kemerdekaan sebagai simbol persatuan dan kerjasama.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna menyampaikan, bahwa pentingnya momentum HUT Kemerdekaan ini sebagai ajang untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk meneladani perjuangan para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan, dan menjadikannya sebagai motivasi untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Tema perayaan tahun ini, ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’, menjadi semangat untuk menuju masa depan yang lebih baik.

Sebanyak 226 Warga Binaan Mendapat Remisi di Hari Kemerdekaan

Engkus Sutisna juga menyoroti kebijakan pemerintah terkait remisi bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2 Ciamis.

Sebanyak 221 orang mendapatkan potongan masa tahanan, sementara 5 orang lainnya memperoleh kebebasan.

Pj Bupati mendorong mereka untuk menjadikan pengalaman di lapas sebagai pelajaran berharga dalam memulai kehidupan baru yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut, Engkus juga memberikan penghargaan dan terima kasih kepada semua unsur penyelenggara pemerintahan, pemangku kepentingan, dan masyarakat yang telah memberikan dukungan.

Serta partisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan di Kabupaten Ciamis.

“Apresiasi ini merupakan wujud dari kerjasama yang solid antara pemerintah dan masyarakat,” kata Engkus.

Pentingnya kebersamaan dan sinergitas dalam melaksanakan tugas untuk mengisi kemerdekaan juga ditekankan oleh Pj Bupati.

Ia mengajak semua pihak untuk terus menjaga dan meningkatkan kerja sama dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di Tatar Galuh, Kabupaten Ciamis.

Peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini menjadi salah satu contoh nyata bagaimana perayaan kemerdekaan dapat menjadi alat pemersatu dan motivator untuk kemajuan daerah.

(Herdi/PasundanNews.com)